08 January 2013

Mitos Tentang Kupu Kupu

Temen-temen pernah melihat kupu-kupu masuk kedalam rumah? Kalau yang pernah tinggal di kampung pasti pernah ya. Nah, pada postingan kali ini saya akan cerita satu mitos tentang kupu-kupu yang dulu ketika saya tinggal di Solo sangat dipercaya oleh masyarakat tempat saya tinggal.

Tidak semua kupu-kupu sih yang termasuk dalam mitos, tetapi kupu yang sering hidup di daun pisang. Saya sudah googling tapi kok nggak ketemu ya nama biologinya, kalau orang Solo biasa menyebutnya "Kupu Dayoh" (Dayoh = tamu #bahasa jawa). Gambarnya juga gak saya temukan di google, tapi kira-kira seperti dibawah ini.


Jadi menurut kepercayaan orang di Solo, jika ada Kupu Dayoh yang masuk kerumah, berarti hari itu akan ada tamu bertandang. Jika kupu-kupunya ukurannya kecil kemungkinan yang datang orang biasa, misalnya temen atau saudara jauh. Jika yang masuk rumah Kupu Dayoh yang ukurannya besar, berarti yang akan kedatangan tamu orang yang mempunyai kedudukan, misalnya Kadus atau Lurah. 

Saya sendiri sebenarnya nggak percaya sih sama mitos-mitos seperti itu, cuma mungkin karena sugesti, percaya nggak percaya tapi kenyataannya memang jika ada Kupu Dayoh yang mampir kerumah setahu saya dulu memang selalu saja ada tamu yang datang. 

Sobat ada yang percaya? Apa ditempat temen-teman ada juga mitos seperti diatas?

No comments:

Post a Comment