20 January 2014

Kehebatan, Keutamaan dan Keistimewaan dari Shalawat



Allah dan Segenap Malaikat Bershalawat Kepada Nabi Muhammad
Membaca Sholawat itu sangatlah besar sekali hasiatnya dan mengamalkan shalawat  sangatlah di cintai Allah dan Rosulullah, di samping merupakan tanda cinta kepada Nabi Muhammad Saw; juga melaksanakan perintah Allah Swt.
Dengan membaca shlawat kita akan mendapatkan barokah yang agung, keutamaan yang mulia dan memperoleh syafaat beliau atas izin Allah swt, Sehingga kita mampu meneladani beliau dalam kehidupan ini dan di berikan Allah kekuatan untuk melanjutkan perjuangan beliau.

ان الله وملائكته يصلون على النبي ياايها الذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما.

Artinya : Sungguh Allah dan Malaikat-Nya bersolawat atas Nabi, wahai orang-orang yang beriman bersolawatlah kalian atasnya dan bersalamlah
dengan sesungguh- sungguhnya.
    
            Ketahuilah bahwa sholawat itu berbagai macam shighot ( bentuk lafadh ) sampai mencapai 4000 bahkan sampai pada 12.000 macam. Semuanya telah di sepakati dan di pilih oleh kalangan mereka yang gethol dengan Sholawat mulai Negara bagian tiimur sampai Negara barat denga menurut apa yang mereka jumpai yang mana sanadnya sambung antara mereka dan beliau Nabi Muhammad Saw. Mereka faham betul tentang keistimewaan-keistimewaan dan manfa'at- manfa'at yang terkandung di dalam masing- masing Sholawat dan mereka telah menemukan rahasia- rahasia yang ada di dalamnya, sebagian rahasia itu telah masyhur di kalangan mereka, baik melalui jalan uji coba maupun kenyataan- kenyataan dalam usaha untuk menghilangkan kesempitan-kesempitan maupun untuk menghasilkan hal –hal yang di inginkan, seperti sholawat munjiyat  yang insya Allah akan di jelaskan di belakang nanti.

 KEISTIMEWAAN MEMBACA SHOLAWAT
    
          Banyak sekali hadits- hadits yang menerangkan tentang keistimewaan membaca sholawat, di antaranya adalah hadits yang di riwayatkan oleh Ibnu Mandah dari Jabir bahwasanya ia berkata "

قال رسول الله صلعم " من صلى علي كل يوم مائة مرة  وفي رواية  من صلى علي في اليوم مائة مرة قضى الله له مائة حاجة سبعين منها في الاخرة وثلاثين في الدنيا .

Artinya : Rasulullah Saw bersabda " Barang siapa bersholawat kepadaku setiap hari 100 x , dalam riwayat lain mengatakan  Barang siapa bersolawat kepadaku dalam sehari 100 x , maka Allah akan memenuhi baginya 100 hajat yang 70 di berikan di akhirat dan yang 30 di berikan waktu di dunia.

Dari Nabi Muhammad Saw bahwasanya beliau bersabda "

من عسرت عليه حاجته فليكثر بالصلاة  وفي رواية  فأكثر بالصلاة علي فانها تكشف الهموم والغموم والكروب ونكثر الارزاق وتقضى الحوائج

Artinya : Barang siapa sulit keperluannya, maka hendaklan memperbanyak dengan sholawat, dalam sati riwayat : lalu ia memperbanyak dengan sholawat kepadaku, maka sesungguhnya itu bias membuka kesedihan dan kesempitan dan bias memperbanyak rizki dan semua hajjat akan terpenuhi.

Imam As-Suyuty berkata " sesungguhnya hadits ini shohiih, dan banyak bersholawat atas Nabi Saw itu bisa mempermudah jalan rizki dan banyak barakah yang turun, dan bisa untuk menghilangkan kesedihan- kesedihan dan juga untuk memenuhi beberapa hajat. Kesemua itu bisa dengan jalan kenyataan yang terjadi maupun dengan jalan uji coba antara Ulama' salaf dan Ulama' kholaf, dan bertawassul dengan melalui sholawat salam kepada Nabi Muhammad Saw dalam semua urusan itu terjadi di antara manusia dan kalangan Jin dan Malaikat sebagaimana yang telah di kemukakan dalam ayat- ayat dan Hadits- Hadits. "

            Di ceritakan dari Saw bahwasanya beliau bersabda " Aku melihat di malam mi'raj ada satu malaikat yang jatuh tertelungkup tanpa sayap karena patah dan berubah warnanya, lalu aku bertanya pada Jibril ' wahai Jibril siapa malaikat ini dan apa yang sedang terjadi pada dirinya ?, berkata Jibril; ini adalah malaikat termasuk muqarrabin yang di utus oleh Allah bertugas menghancurkan suatu kaum, namun karena ia teledor karena merasa kasihan dengan mereka, maka Allah murka kepadanya sejak 4.000 tahun yang lalu sebagaiman yang kau lihat, aku bertanya " apa tiada taubat baginya ? lalu Allah memberi wahyu kepadaku bahwa taubatnya adalah membaca Sholawat kepadamu Muhammad 10 x. Lalu Malaikat tersebut membaca sholawat kepada Nabi  Saw 10 x kemudian malaikat tersebut kembali semula dan ia memiliki 70.000 wajah dan dalam setiap wajah terdapat 70.000 mulut dan setiap mulut terdapat 70.000 lidah , setiap lidah bertasbih kepada Allah 70.000 bacaan tasbih, lalu Allah menciptakan dari  setiap tasbih tersebut malaikat yang beristighfar memintakan ampun bagi orang yang membaca sholawat kepadaku " ( Keterangan dalam kitab Bahrul-Anwar  ).

     Di riwayatkan dari baginda Nabi Muhammad Saw bahwasanya beliau bersabda:

اتاني جبرائل واسرافيل وعزرائل وميكائل عليهم الصلاة والسلام فقال جبرائل : يا رسول الله من صلى عليك عشر مرات أنا اخذ بيده وأمره على الصراط , وقال ميكائل انا اسقيه من خوضك  , وقال اسرافيل انا اسجد لله تعالى ما أرفع رأسي حتى يغفر الله له , وقال عزرائل أنا أقبض روحه كما قبضت ارواح الانبياء عليهم الصلاة والسلام.

Artinya : Telah mendatangiku Jibril, Mikail, Israfil dan 'iizrail lalu Jibril berkata " Ya Rasulallah barang siapa yang bersholawwat kepadamu 10 kali, maka aku akan memegang tangannya dan aku ajak melewati shirathot ( jembatan ) dan Mikail berkat " saya akan memberi minuman kepadany dari telagamu, dan berkata Israfil " saya akan bersujud kepada Allah Ta'ala saya tak akan mengangkat kepalaku sehingga Allah mengampuninya, dan Izrail berkata " saya akan mencabut nyawanya sebagaimana aku mencabut arwah- arwah para Anbiya' Alihim Al-salam.
    
Hikmah – hikmah membaca sholawat
  1.  Hikmah membaca sholawat tak terhingga jumlahnya, di antaranya ialah;
         ( انها تجلو القلب من الظلمة)  Bahwa sholawat bisa menyinari hati dari kegelapan.
2          Tidak membutuhkan guru pembinbing. (  وتغني عن الشيخ  )  
3               Bisa menjadi sebab sampai kepada Allah. (  وتكون سبابا للوصول)
4           Bisa memper banyak Rizki وتكثر الرزق 
r         Orang yang memperbanyak bersholawat Allah  Mengharamkan jasadnya dari api neraka  من أكثر منها حرم الله جسده على النار                                       
                                                         

Adab membaca sholawat

     Adab membaca sholawat yaitu;
1).  Suci dari najis.
2),  Berwudlu.
3).  Menghadap kiblat (lebih utama).
4).  Berfikir tentang dzat Nabi Muhammad saw yang mulia (Sifat, perilaku dan perkataanya).
5). Membaca dengan segenap jiwa dan perasaan
6). Meresapi mankna shalawat yang di baca ( makna kalimat, huruf  & Sirrnya)
7). Membaca dengan penuh tawadu’ (dhohir & Bathin) dan lillahi ta’ala
8). Meyakinkan hati bahwasanya beliu adalah suri tauladan yang utama yang wajib di contoh
9).  Membaca secara tartil masing- masing huruf sholawat.
10). Berfikir tentang dzat Nabi Muhammad saw yang mulia (Sifat, perilaku dan perkataanya).
11). Tidak tergesa- gesa pada kalimat- kalimat sholawat. Sebagaimana sabda beliau

      إذا صليتم علي فأحسنوا الصلاة علي فإنكم لاتدرون لعل ذلك يعرض علي وقولوا اللهم اجعل صلواتك وبركاتك على سيد المرسلين وامام المتقين وخاتم النبيين سيدنا محمد عبدك ورسولك امام الخيروقائد الخير ورسول الرحمة اللهم ابعثه المقام المحمود الذى يغبط فيه الاولون والآخرون رواه الديلمى
                               
Artinya: Bila kalian bersholawat kepadaku, maka perbaiki sholawat kepadaku.karena
Kalian tidak tahu mungkin itu di haturkan kepadaku dan ucapkanlah ya Tuhanku jadikan sholawat-Mu dan barokah-Mu kepada pemimpin para Rasul dan imamnya orang- orang yang taqwa dan penutup para Nabi yaitu pemimpin kami Muhammad yang menjadi hamba-Mu dan Rasul-Mu pemimpin kebaikan dan penuntun kebaikan dan Rasul kasih sayang. Ya Tuhan kami berilah ia kedudukan yang terpuji di mana orang- orang terdahulu dan yang akhir semua pada berharap di dalamnya.( I’anatuttholibin juz awwal hal 7 ).

  Beberapa Sholawat beserta hasiat dan keutamaanya.

     Itulah di antara sebagian hasiyat- hasiyat membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw , dan tentu masih banyak lagi hasiyat- hasiyat lain yang tidak mungkin kami tulis satu persatu karena saking terlalu banyaknya tentang hasiyat tersebut.
    
1. SHOLAWAT THIBBIL QULUB

الَلهم صل على سيدنا محمد طب القلوب ودواءها وعافية الابدان وشفاءها ونور الابصار وضياءها وعلى اله وصحبه وسلم

Khasiyatnya : Untuk mengobati rasa sakit perut
Caranya       :  Sediakan segelas air putih dan bacalah sholawat tersebut sebanyak 7 kali ( tujuh kali ).
      
2. SHOLAWAT  FATIH

اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما اغلق والخاتم لما سبق والناصر الحق بالحق والهادي الى صراطك المستقيم وعلى اله وصحبه حق قدره ومقدره العظيم

Khasiyatnya : Agar hati menjadi terang dan mudah masuknya ilmu pengetahuan.
Cara mengamalkannya : Setiap selesai sholat lima waktu membiasakan diri memmbacanya sebanyak 11 x. Dan setiap malam Jum;at 100 kali dengan condong ke kiblat

3.SHOLAWAT NARIYAH

اللهم صل صلاة كاملة وسلم سلاما تاما على سيدنا محمد الذى تنحل به العقد وتنفرج به الكرب وتقضى به الحوائج وتنال به الرغائب وحسن الخواتم ويستسقى الغمام بوجهه الكريم وعلى اله وصحبه في كل لمحة ونفس بعدد كل معلوم لك

Khasiyatnya : Untuk mengembalikan barang yang hilang.
Caranya      : Di baca 4.444  ( empat ribu empat ratus empat puluh empat ). Bacaan bisa di lakukan oleh orang banyak.
Bila barang itu di curi oleh pencuri dan barang itu tidak segera di kembalikan, maka ia bisa- bisa mati dalam waktu tidak lama, Bila barang itu hilang dan raib tak tentu , maka akan segera anda temukan, atau di temukan oleh orang lain.
      Berkata Syaikh Muhammad At-Tunisy " Barang siapa membaca sholawat Nariyah setiap selesai sholat fardlu sebanyak 11 kali, maka seolah-olah ia menurunkan rizki dari langit dan mengeluarkannya dari bumi.
      Berkata Imam Al-Dainury " Barang siapa membaca sholawat Narriyah sebanyak 11 kali setiap usai sholat fardlu, maka rizkinya tak akan pernah putus dan ia akan mendapat drajat yang tinggi dan kekuasaan yang cukup.
     Bila di baca sesuai jumlah para Rasul yaitu 313 kali, maka ia bias melihat dengan mata hati semua apa yang di kehendaki.
     Barang siapa membaca setiap hari 1000 kali, maka ia akan memperoleh apa yang tidak bias di miliki oleh orang yang mensifatinya
     Berkata Al-Imam Al- Qurthuby :" Barang siapa hendak menghasilkan suatu perkara yang sangat penting atau menolak musibah , maka bacalah sholawat tafrijiyah ( nariyah ) dan bertawassul pada Nabi Muhammad Saw. Sebanyak 4.444 kali. Sungguh Allah akan memberi taufiq dan mengabulkan keinginannya sesuai niatnya.

4 . SHOLAWAT NURIL ANWAR

اللهم صل على نور الانوار وسر الاسرار وترياق الاغيار ومفتاح باب اليسار سيدنا ومولانا محمد المختار واله الاطهار وأصحابه اللاخيار عدد نعم الله وافضاله

5 .SHOLAWAT MUNJIYAT

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الاَهْوَالِ وَالافَََاتِ وَتَقْضِى لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّأَتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أعْلىَ الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أقْصَى الغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الخَيْرَاتِ فِي الحَيَاةِ وَبَعْدَ المَمَاتِ

Khasiyatnya : Untuk keperluan hajat penting.
Caranya        : 1) Bacalah Basmalah sebanyak 12.000 kali
                       2).Setiap selesai 1.000 kali di selingi dengan do'a solawat tersebut seba
                           nyak menurut kemampuan.

6. SHOLAWAT HAJJIYAH

الّلهُّمَّ صَلِّ عَلَىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجِّ بَيْتِكَ الْحَرَاِم وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِّيِكَ عَلَيْهِ اَفْضَلُ الصَّلاَةِ وَ السَّلاَمِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ وَبُلُوْغِ اْلمَرَامِ وَعَلىَ اَلِهِ َوَصْحبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ

7. SHOLAWAT BARAKAH

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً يُبَارِكُ لِي بِهَا فِي مَالِي وَيَسْتَقِيْمُ بِهَا حَالِي َوعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ

. SHOLAWAT SIRRIL GHUYUB8

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُطْلِعُنَا بِهَا مَقَاصِدَ الْقُلُوْبِ وَتَكْشِفُنَا بِهَا سِرَّ الْغُيُوْبِ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ أطِبَّاءِ الْقُلُوْبِ.

9.  SHOLAWAT SANIYAH

اللهم اني أسألك بك أن تصلي على سيدنا محمد وعلى سائر الانبياء والمرسلين والملائكة المقربين والاولياء والصالحين والعلماء العاملين. وعلى الهم وصحبهم اجمعين عددما في علم الله العظيم صلاة تجعلنا بها من علماءك العاملين الراسخين المخلصين المكرمين المعظمين وتكرمنا بها كرامة باهرة حتى بلغ الى جميع العالمين نداءنا هذا .......... الى يوم الدين وترزقنا بها كثرة التلاميذ والاموال والاصحاب والاتباع والاعوان والاضياف في كل يوم وليلة من يومنا هذا الى يوم الدين. وتلهمنا بها علوما لدنية بالهام الملائكة المقربين وتجيب بها دعوتنا بالسعادة والكرامة في الدنيا والاخرة ومن المرزوقين وتحشرنا بها بعبادك الصالحين في الدارين من الامنين وتعود بركاتها علينا وعلى اولادنا وعلى ذريتنا وعلى اهل بيتنا وعلى جميع المسلمين . وعلى اله وصحبه وبارك وسلم.


10.  SHOLAWAT BAHRIYAH KUBRO

اللهم صل على سيدنا محمد صلاة تطمئن بها قلبي وتنفع بها علومي, وتقضي بها حوائجي, وترفع بها درجتي, وتهدي بها قومي, وتخلص بها قلبي, وتلهمني بها علوم اللدني, وتكرمني بها بالسعادة والكرامة وتكثر بها اموالي واصحابي  وتلاميذي واتباعي, وترزقني اللهم تمام نعمتك وتمام رحمتك وتمام رضوانك, وصل وسلم وبارك عليه وعلى اله وصحبه عددما خلقت ورزقت وامت واحييت الى يوم تحشر فيه الخلائق اجمعين. والحمد لله رب العالمين.

11.  SHOLAWAT NASHRIYAH

اللهم صل على سيدنا محمد صلاة تهلك بها اعدائنا وحسادنا وتهدي بها قومنا وتصلح بها احوالنا وتقضي بها حوائجنا وترفع بها درجاتنا وتكثر بها أموالنا وتلاميذنا وأتباعنا واعواننا واضيافنا وتعود بركاتها علينا وعلى اولادنا وعلى اهل بيتنا   وعلى اله وصحبه وسلم.

12.  SHOLAWAT YAASIIN

صلى الله على يس 
احمد الهادي الامين
واله المقربين         
وصحبه والتابعين
حفظنا كل القرأن 
جودنا طلق اللسان
فهمنا حق البيان 
ثبتناه في الجنان
باعدنا من الشيطنا
قربنا الى الرحمان
أعذنا من النسيان
واحتمنا على الايمان
والثقال في الميزان
واللقاء في الغفران
والدخول في الجنان
والنظر بالرضوان

13.  SHOLAWAT QUR'ANY

صلاة الله والسلام
1
على من اوحي القرأن
واهل بيته الكرام
2
وصحبه ذوى القرأن
سلام الله والضوان
3
على من عظم القرأن
بقلب خالص نوى
4
    محب راغب القرأن
فطوبى من تعلما
5
وبعد علم القرأن
ودام عند كل حين
6
مرتلا تلا القرأن
مجودا وخاشعا
7
ومفهما معنى القرأن
وعاملا جميع ما
8
حوىو ما اقتضى القرأن
وفاز من تكلما
9
مع الرحمن بالقرأن
وخاب من تجنبا
10
عليه لعنة القرأن
ولا قرين في الدنيا
11
ولا الاخرى سوى القرأن
ولا شفيع ذا الاعلى
12
لدى المولى عدا القرأن
وشافع مشفع
13
ومنجي صاحب القرأن
وماحل مصدق
14
على من اعرض القرأن
عسى نجبى عسى نجبى
15
شفا عات من القرأن
عسى نرضى عسى نحضى
16
جنان منزل القرأن
فيا الهنا اجعلنا
17
من الاهالى في القرأن
وزدنا علما نافعا
18
بما علمتنا القرأن
ووسع ما رزقتنا
19
كما قد عاهد القرأن
وحصل كل ما يرام
20
وحج منزل القرأن
أمتنا في حسن الختام
21
مع القبول با القرأن
وصل ثم سلم
22
وحمدا ما دام القرأن
لعبد الله ذا النظام
23
محبة الى القرأن
لقارئ ومقرئ
24
كذا تلاميذ القرأن

14.  SHOLAWAT MUKHOTHOB

الصلاة والسلام عليك ياسيدي يارسول الله خذ بيدي قلت حيلتي أدركني

Khasiyatnya: Untuk memenuhi hajat yang besar agar cepat di penuhi oleh Allah Swt.
Cara mengamalkannya : Tengah malam Jum'at ( jam 24 ke atas ) di baca sebanyak 1000x. dan malam lainnya sebanyak 11 x

15. SHOLAWAT  MA'LUFAH
اللهم صل وسلم على سيدنا محمد الالف المألوف اجبرني حاجتي

Khasiyatnya: untuk melunasi hutang  dan hajat yang pentinh lainnya.
Caranya      : Tengah malam di baca sebanyak lima ribu satu ( 5001 ) kali dalam satu 
                      Majlis.

16. DO’A THOLABAH
 
Fida’ shughra dan kubra

Fida’ adalah suatu amalan di mana seseorang apabila mengamalkannya amalan tersebut bisa untuk menebus dirinya dari api neraka atau untuk orang lain.

            Fida’ ada dua macam, yaitu fida’ shughra dan fida’ kubra.
 Fida’ shughra yaitu bacaa. Kalimah thoyyibah sebanyak 70.000 kali. Ada yang mengatakan sebanyak 71.000 kali.

 Fida’ kubra: yaitu bacaan surat Al- Ikhlash sebanyak 100.000 kali.    

وروي ان الشيخ ابا الربيع المالكى كان على مائدةطعام وكان قد ذكر لااله الاالله سبعين الف مرة وكان معهم على المائدة شاب من اهل الكشف فحين مد يده الى الطعام بكى وامتنع من الطعام فقال له من الحاضرون لم تبكى فقال أرى جهنم وأرى أمى فيها . قال الشيخ ابو الربيع فقلت فى نفسى اللهم إنك تعلم أنى قد هللت هذه السبعين الفا  وقد جعلتها عتق ام هذا الشاب من النار. فقال الشاب الحمد لله أرى أمى قد خرجت من النار وما أدرى ما سبب خروجها وجعل هو يبهج واكل مع الجماعة . وهذا التهليل بهذا العدد يسمى عتاقة صغرى كما أن سورة الصمدية إذا قرئت وبلغت مائة الف مرة تسمى عتاقة كبرى ولو فى سنين عديدة فان الموالاة لاتشترط

Artinya: Di riwayatkan bahwa Syaikh Aba Al- Robi’ Al- Maliqy berada pada suatu hidangan makanan. Beliau telah berdzikirankalimah thoyyibah sebanyak 70.000 kali. Di situlah bersama para hadirin ada seorang pemuda termasuk orang yang ahli mukasyafah ( terbukanya hati ),di saat ia mengulurkan tangannya pada makanan,ia menangis dan enggan makan.lalu hadirin bertanya ; mengapa kamu menangis ?, maka ia menjawab” aku melihat neraka jahanam dan aku melihat ibuku ada di sana. Berkata Syaikh Abu Al-Rabii’ “ Maka ku berkata dalam hatiku Ya Allah sungguh engkau mengetahui bahwa aku benar- benar telah membaca tahlil ini sebanyak 70.000 kali dan ku jadikan nya sebagai kemerdekaan ibu pemuda inidari neraka. Lalu pemuda terebut mengucapkan Al- Hamdulillah aku melihat ibuku benar- benar telah keluar dari neraka dan aku tidak tahu apa sebabnya ia keluar dari neraka.Si pemuda tersebut lalu bergerak dan mau makan bersama para jama’ah.Tahlil ini dengan jumlah tersebut di namakan ‘Ataqoh shughra sebagaimana surat Al-Ikhlash bila di baca dan mencapai 100.000 kali di namakn ‘Ataqoh kubra sekalipun dalam beberapa tahun, karena bacaan langsung dalam satu majlis tidak menjadi syarat utama. ( Kitab Al-Futuhat Hamisy Nashoihul ‘ibad hal 24 ).

 Rasulullah saw bersabda ;
من قال لااله الالله سبعين ألفا بشر له بالجنة قبل موته
Artinya: Barang siapa membaca Lailaaha illallah sebanyak 70.000 kali, maka ia di beri kabar gembira dengan surga sebelum ia meninggal.

 Rasulullah saw bersabda:
من قال لااله الاالله أحدا وسبعين ألفا إشترى به نفسه من الله عز وجل رواه أبو السعيد وعائشة رضى الله تعالى عنهما

Artinya: Barang siapa mengucapkan Lailaaha illallah  sebanyak 71.000 kali, maka ia telah membeli diri dari Allah Azza wa jalla. Hadits riwayat Abu Al- Sa;id dan ‘Aisyah ra.

     Begitu pula bila itu di lakukan untuk orang lain. Aku berkata” mungkin saja Hadits ini di sandarkan kepada para Sayidah Sufiyah dalam menamakan dzikir yakni kalimah tauhid dengan jumlah tersebut dengan sebutan (   عتاقة جليلة )  dan telah masyhur tentang dzikir tersebut cerita- cerita yang telah di terangkan Al-Syakhu Al-Akbar dari Al-Imam Abul-Abbas Al-Quthbu Al-Qustholanymengutip dari Al-Syaikh Abu Al-Rabii’ Al-Maliky sebagai dalil atas benarnya sebuah hadits tersebutdengan melalui jalan ilmu mukasyafah.

     Abu Sa’id Al -khodimy telah mengutipnya dalam kitab Al-Bariiqoti syarah Al-Thoriqoh Al- Muhammadiyah beliau menjelaskan bahwa hadits dlo;if itu bisa dii amalkan dalam fadloilil ‘a’mal, lebih- lebih hadits tersebut tidak menulayai pada qiyas. ( Keterangan di ambil dari kitab Khozinatul-Asror hal 188 )
       
     Di dalam sebuah kitab Irsyadul ‘ibad karya Syaikh Zainuddin Ibnu Abdul Aziz di sana juga di jelaskan tentang fida’ yaitu ;

عن الشيخ أبي زيد القرطبي    قال سمعت في بعض الاثار أن من قال لااله الاالله سبعين ألف مرة كانت له فداء من النار فعملت على ذلك رجاء بركة الوعد فعملت منها لأهلى وعملت منها أعمالا إدخرتها لنفسى وكان إذ ذاك يبيت معنا شاب يقال له يكاشف في بعض الاوقات بالجنة والنار وكانت الجماعة ترى له فضلا على صغر سنه وكان فى قلبى منه شىء فاتفق أن إستدعانا بعض الإخوان الى منزله فنحن نتناول الطعام والشاب معنا إذ صاح صيحة منكرة واجتمع فى نفسه وهو يقول يا عم هذه أمى فى النار وهو يصيح بصياح عظيم لايشك من سمعه أنه عن أمر فلما رأيت ما به من الانزعاج قلت فى نفسى أليوم أجرب صدقه فألهمنى الله السبعين ألفا ولم يطلع على ذلك أحد الاالله فقلت فى نفسى الأثر حق والذين رووه صادقون  اللهم إن السبعين ألفا فداء هذه المرأة أم هذا الشاب فما استتممت الخاطر فى نفسى الا أن قال يا عم ها هى أخرجت الحمد لله .

Artinya: Dari Syaikh Abi Zaid Al-Qurthuby ia berkata “ Aku mendengar di dalam sebagian hadits bahwa orang yang mengucapkan LA IIAAHA ILLA A LLAH sebanyak 70.000 kali, maka menjadi tebusan baginya dari api neraka.Lalu aku mengamalkannya dengan harapan mendapat barokah darinya, aku mengamalkannya untuk keluargaku dan aku mengamalkannya untuk diriku sendiri.Dan pada saat itu pula kami bersama seorang pemuda konon ia terkenal dengan ilmu mukasyafahnya pada sebagian waktu, ia bisa di perlihatkan surga dan neraka. Dan memang para jama’ah melihat kelebihan yang ia miliki semenjak ia masih kecil, hatiku ada sesuatu darinya,bersamaan itu kami di undang sebagian teman ke rumahnya lalu kami makan bersama sedang si pemuda juga turut kami, tiba- tiba ia menjerit sekuat—kuatnya yang mengerikan,dan ia dalam penuh konsentrasi diri,ia berkata “ Wahai pamanku ini ibuku di neraka “ ia menjerit sekeras- kerasnya yang tidak di ragukan bagi orang yang mendengarkannya bahwa ia dalam suatu masalah. Begitu aku melihat apa yang ada pada dirinya, aku berguman dalam hatiku “ Hari ini kesempatan bagiku untuk menguji kebenarannya. Kemudian Allah memberiku ilham 70.000 tersebut dan tak ada yang tahu itu kecuali Allah. Lalu aku berguman di hatiku “ Hadits itu nyata dan orang- orang yang telah meriwayatkannya mereka itu benar. Ya Tuhanku sesungguhnya 70.000 ini sebagai tebusan wanita ini ibu pemuda ini. Belum usai aku berguman ia berkata “ Paman haa ibuku telah di keluarkan dari neraka alhamdu lillah. (  Irsyadul ‘Ibad hal 4  ).

Membaca Shlawat Bukan hanya sekedar membaca dengan sebanyak – banyaknya, tapi yang lebih utama adalah dengan kita bershalawat kita senantiasa ingat dengan segala perjuangan Nabi Muhammad saw dan meneladani ahlak (perkataan, sifat dan perilaku)  beliau yang mulia dan mempraktekkanya dalam hidup. Menjadikan beliu the first idola dalam hidup, karena Allah sendiri memuji beliau dengan “Innaka laala khuluqin adzim” dan “ laqod kana lakum fi rosulillahi uswatun hasanah”, dan “kana khuluquhul qur’an”. Marilah kita bershalawat dengan sekuat-kuatnya dan sebanyak banyaknya dan semoga barokah shalawat itu menjadikan kita sebagai pribadi yang utama, yang mampu meneruskan segala perjuangan Nabi Muhammad saw di dalam “innama bu’istu li utamimma makarimal ahlaq”, peradaban budaya, prilaku, karakter manusia yang “udhuluu fi silmi kaffah”, yang tujuanya untuk menjadikan manusia paripurna/insan kamil “kuntum khoiro ummatin uhrijat linnas”.dan menjadikan  masyarakat madani yang maju dan makmur, sehinnga menjadikan sebagai “baldatun thoyibatun warabbun ghofur”, dalam bahasa jawanya “gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo” yang penuh Rahmat Allah swt.
By Ahmad Supriadi

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment