Loading...
14 March 2014

Ilmu Khodam Malaikat

Tentang ilmu khodam mungkin jadi pembahsan yang menarik apalagi untuk mereka pemerkhati dunia supranatural, khodam adalah istilah bahasa arab yang artinya pembantu, jika dalam bahasa jawanya perewangan waduh tambah seram aja he.... he....

Bahkan samapai di iklan ikaln seringada jual beli beli khodam dengan harga yang cukup fantastis wouu, “khodam itu pastilah bangsa jin, mereka bukan malaikat”, karena tidak ada malaikat yang menjadi pembantu manusia, tapi malaikat membantu manusia melalui doa yang mereka panjatkan agar Allah mengampuni dosa dosa orang yang bertaubat kepada Allah. Ada namanya malaikat hafadoh (malaikat penjaga) mereka itu khodam tapi khodamnya Allah yang juga biasanya mendoakan manusia yang beramal baik yang banyak berjuang dijalan Allah.

Ada juga yang mengatakan jika khodam itu merupakan dari hasil energi yang terbentuk dari seseorang yang melakukan olah batin/latihan dalam bahasa arabnya riyadhoh (tapi ini adalah pendapat yang lemah). Energi baik yang berupa tenaga dalam ataupun berupa kekuatan natural atau supranatural itu merupakan anugrah Tuhan yang Tuhan berikan untuk semua mahluknya tanpa terkecuali baik yang taat ataupun yang ingkar kepadaNya, di berikan kepada mahluk hidup dan juga mahluk mati/benda mati. Makanya kita sering mendengar energi bumi/alam Gas, minyak tanah, batu bara, uranium, atom, energi matahari atau tenaga surya sehingga ada namanya mobil dan listrik tenaga surya, energi uap sehingga ada (PLTU)dan masih banyak lainya.

Apakah Anda berfikir jika Jibril itu Khodamnya Nabi Muhammad, lalu siapakah Jibril itu? apakah temanya Nabi?, atau Gurunya Nabi?, yang jelas Jibril itu adalah pembawa wahyu Allah, dan memang benar adanya jika ada yang mampu menembus alam malakut tetapi itu hanya bisa di lakukan oleh para Auliya dengan izin Allah. Bangsa Jin pun ada klasifikasinya Jin golongan atas (Muslim), jin golongan bawah (jin kafir), di dalam kitab manbau ushulul hikmah di sebutkan bahwa ada :

Nama – Nama 7 Raja Jin yang Kafir : 
1. Mazhab
2. Marrah
3. Ahmar
4. Burkhan
5. Syamhurash
6. Zubai’ah
7. Maimun 

Sedangkan Jin Ifrit (Jin yang paling jahat) yang mempunyai kerajaan yang besar yang ditaklukkan pada zaman Nabi Sulaiman :
1. Thamrith
2. Munaliq
3. Hadlabajin
4. Shughal

Dan ini Nama –Nama dari 7 Raja Jin Islam :
1. Ruqiyaail
2. Jibriyaail
3. Samsamaail
4. Mikiyaail
5. Sarfiyaail
6. ‘Ainyaail
7. Kasfiyaail 

Raja Jin yang menguasai semua jin tersebut bernama THATHAMGHI YAM YAL. Dan Malaikat yang mengawal semua jin-jin di atas bernama MAITHATARUN yang bergelar QUTHBUL JALALAH.

Ada pendapat tentang khodam Al-Quran, mereka mengatakan berlandaskan firman Allah “Sesungguhnya kami menurunkan Addikr (Al-Quran), dan sungguh baginya (Al-Quran) ada penjaganya”. Penjaga disini bisa di artikan orang orang (manusia dan Jin) yang hafal Al-Quran, mengamalkan dan mengajarkan Al-Quran, dan para malaikat yang senantiasa mendoakan orang orang yang sejalan dengan nilai-nilai dari Al-Qur’an dan ini berlangsung sampai ahir zaman.

Didalam kitab kuno karangan para ulama ahli hikmah menerangkan tentang tata  cara bagaimna mendatangkan khodam,  di situ mengatakan jika Khodamnya ayat kursi adalah sayid Kandiyas, Khodamnya surat al ihlas adalah sayid abdul wachid, Apakah benar seperti itu? Jawabanya adalah bukan, mereka bukan khodam dari surat al quran.

Penjelasanya : Adalah Biasanya untuk menghadirkan sayid kandiyas biasanya dengan di bacakan ayat kursi, begitu juga untuk mendatangkan sayid abdul wahid biasanya dibacakan surat al ihlas, atau juga untuk mendatangkan sayid abu yusuf al yamani dengan di bacakan surat Al-Jinn, artinya : “MEREKA BISA DATANG KARENA MEREKA DI TARIK OLEH KEKUATAN DARI SURAT AL IHLAS, AYAT KURSI ATAAPUN SURAT AL-JINN, BUKAN KARENA MEREKA KHODAM DARI AL-QURAN, INI YANG HARUS ANDA PAHAMI”.

Sebenarnya : Untuk mendatangkan Sayid kandiyas dan sayid Abdul wahid, Abu yusuf al yamani, tanpa melalui tirakat/puasa, tanpa membaca ayat kursi, surat Al-Jinn ataupun surat al ihlas, itu sangat mudah dan bisa tapi itu untuk mereka yang memiliki ilmu hikmah yang tinggi, atau sebaliknya karena mereka yang berkehendak sendiri untuk bertemu manusia.

Yang harus kita lakukan : Maka disini kita perlu mensikapinya secara cerdas, dan tanpa perlu menyalahkan siapa pun, karena setiap orang bebas untuk berpendapat, dan anda bebas untuk memilih percaya atau tidak.

Ada banyak kitab ilmu hikmah di antaranya Al-aufaq, segian berpendapat mengatakan kitab ini karangan dari Ahmad Al Ghazali (Adik kandung dari Imam Al Ghazali) yang segian riwayat juga mengatakan bahwa Ahmad Al Ghazali lebih dahulu mendalami ilmu tasawuf ketimbang imam Al Ghazali, meskipun beliau tidak sepopuler kakaknya imam Al-Ghazali tapi beliau yang berpengaruh besar kepada kakaknya untuk menekuni dunia tasawuf. Kitab hikmah lainya sangat populer manbaul ushulul hikmah karangan dari Ahmad Ali Al Bunni.

Didalam beberapa kitab hikmah tersebut menerangkan tentang bermacam macam asma, qosam, syair jaljalut sugro, jaljalut kubro, asma suryaniyah, asma barhatiyah, asma qomar dan banyak lagi lainya dalam berbagai bentuk wirid dan doa beserta khasiat dan kehebatanya. Apakah mengamalkanya itu haram?

Yang jadi persoalan yang sering terjadi adalah hal tersebut menjadikan seseorang menjadi terobsesi ingin menjadi orang yang sakti mandraguna, itu sebenarnya sah sah saja karena itu hak  masing masing individu untuk berkeinginan dan menjadi. Tetapi sebagian waktu beribadah anda habis hanya karena anda sibuk membaca asma/qosam karena anda berpikiran bahwa asma/qosam ini memiliki khasiat yang luar biasa daripada asma (asmaul husna/ismul adhom dll) atau bacaan bacaan lainya. Saya pribadi tidak melarang anda mengamalkanya karena anda sendiri sudah faham ilmu agama.

Beberapa hal yang harus jadi perhatian adalah waktu anda, anda perlu menjadwal ulang awktu anda dalam mengamalkanya, mungkin  bisanya anda membaca asma/qosam tersebut setiap habis shlat lima waktu, perlahan lahan anda kurangi menjadi pagi dan sore, atau hanya di baca sekali saja tiap hari, atau seminggu satu kali, dan tidak ada dosa jika anda tidak membacanya.

Mungkin anda sudah banyak tahu atau mungkin lebih banyak mengetahui dari saya yang bodoh ini, tentang banyaknya keutamaan membaca dzikir/wirid dan doa doa yang bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadist, seperti bacaan dzikir, istigfar, tasbih, tahmid, tahlil, shalawat dan doa yang keutamaan dan kehebatanya sudah jelas dan juga telah banyak di amalkan oleh para ulama, Kyai dan auliya. Daripada kita hanya bersibuk ria dengan bacaan asma/qosam dan berimajinasi jadi orang sakti mandraguna.

Terahir saya tutup artikel ini “berpegang teguhlah kepada tali Allah dan RasulNya (Nabi Muhammad), dan ikutilah ulama ulama yang memiliki sifat sifat kenabian” yaitu :
1. ShiddiQ : Bermakna jujur, bersih, tulus, mulia dan ihlas
2. Amanah : Artinya sangat bisa di percaya dan memiliki integritas yang tinggi.
3. Fathanah : Artinya cerdas dalam berpikir dan bertindak karena memiliki ilmu pengetahuan yang luas.
4. Tabligh : Artinya penyampai/dakwah, orangnya di sebut “motivator”.

INTI DARI DAKWAH ISLAM HANYA DUA :

1). Memberi penyemangat : kabar gembira, antusias, percaya diri, rajin beribadah, rajin bersedekah, tolong menolong, kerja keras, kerja cerdas, rajin, semangat untuk selalu berbuat baik karena Islam mengajak kapada kebaikan (amar ma’ruf).
2). Memberi peringatan : memberi nasehat orang orang yang lalai, salah jalan, putus asa, malas, sedih, berduka cita, tidak adil, korupsi, dusta, dholim, mencegah sesuatu hal yang tidak sesuai Nilai nilai Islam (nahi Munkar) yang pastinya Islam sendiri selalu selaras dengan norma norma manusia, dan Islam adalah agama yang flexibel sampai ahir zaman.

Tablig/berdakwah/motivasi bisa berhasil manakala sang pelaku memiliki ahlakul karimah : bemoral agung/berjiwa tinggi berperilaku mulia, seperti kesuksesan Nabi Muhammad  membangun peradaban manusia  selama 23 tahun di Mekah dan Madinah, dan juga kesuksesan wali songo di Indonesia dalam meletakkan nilai nilai ajaran Islam sukses luara biasa, itu tiada lain dan tiada bukan karena mereka mempunyai moral yang agung berjiwa tinggi dan berperilaku mulia.

Silahkan artikrel ini untuk di sebar luaskan.

2 komentar:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
TOP