20 July 2020

Doa Nurbuwwat (Cahaya Kenabian)

بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

الحمد لله الذي امر بالدعاء ووعد بالاجابة , وجعله سببا لرد البلاء واستجلاب الرحمة المستطابة . والصلاة والسلام علي سيدنا محمد خلاصة الصفوة , الذي ارتقت فيه حقائق الكمالات البشرية وعلي آله وصحبه ذوي المناقب الفاخرة , وعلي سائر اولياء الله ذوي العرفان والمراتب العلية , اما بعد

بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

وهذا هو الدعاء المعروف بـ "دعاء نور النبوة" المبارك العظيم . نقلته من "تاريخ مدينة دمشق وذكر فضلها وتسمية من حلها من الاماثل او اجتاز بنواحيها من وارديها واهلها" للامام الحافظ ابي القاسم علي بن الحسن ابن هبة الله بن عبد الله الشافعي المعروف بابن عساكر , الجزء ٢٤ ص ٤٦٠ , ما نصه : أَنَّ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلامُ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَافَقَهُ مُغْتَمًّا , فَقَالَ : يَا مُحَمَّدُ مَا هَذَا الْغَمُّ الَّذِي أَرَاهُ فِي وَجْهِكَ ؟ قَالَ : الْحَسَنُ وَالْحُسَيْنُ أَصَابَتْهُمَا عَيْنٌ , فَقَالَ : يَا مُحَمَّدُ صَدِّقْ بِالْعَيْنِ , فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ , ثُمَّ قَالَ : أَفَلا عَوَّذْتَهُمَا بِهَؤُلاءِ الْكَلِمَاتِ ؟ قَالَ : وَمَا هُنَّ يَا جِبْرِيلُ ؟ قَالَ : قُلِ اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ , ذَا الْمَنِّ الْقَدِيمِ , ذَا الْوَجْهِ الْكَرِيمِ , وَالْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ , وَالدَّعَوَاتِ الْمُسَتَجَابَاتِ عَافِ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ , فَقَالَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَا يَلْعَبَانِ بَيْنَ يَدَيْهِ , فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لأَصْحَابِهِ : عَوِّذُوا نِسَاءَكُمْ وَأَوْلادَكُمْ بِهَذَا التَّعَوُّذِ فَإِنَّهُ لَمْ يَتَعَوَّذِ الْمُتَعَوِّذُونَ بِمِثْلِهِ . اهـ

[Kurang lebih artinya , Wallahu 'alam] "Sesungguhnya malaikat Jibril datang kepada Nabi yang sedang tampak sedih. Jibril bertanya: Wahai [Nabi] Muhammad, kenapa wajahmu tampak sedih? Nabi menjawab: Hasan dan Husain sedang sakit ain. Jibril berkata: sembuhkanlah penyakit ain mereka karena penyakit ain itu nyata adanya. Apakah kamu tidak mendoakan keduanya dengan kalimat-kalimat itu? Nabi bertanya: kalimat apa itu? Jibril menjawab, ucapkanlah:

اللهم ذا السلطان العظيم ذا المن القديم , ذا الوجه الكريم , ولي الكلمات التامات , والدعوات المستجابات , عافِ الحسن والحسين من أنفس الجن وأعين الإنس

"Ya Allah, Yang memiliki kekuasaan yang agung, Yang memiliki anugerah yang terdahulu, Yang memiliki wajah (jalan) yang mulia, Yang menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, semoga Engkau menyembuhkan Hasan dan Husain, dari kejahatan jin dan pandangan mata manusia [yang merusak dan jahat]".

Kemudian Nabi mengucapkan doa tersebut maka al-Hasan dan al-Husain langsung dapat berdiri dan bermain di sekitar Nabi. Kemudian Nabi bersabda kepada para sahabat beliau: mintalah perlindungan untuk dirimu, istrimu dan anak-anakmu dengan doa ini".

Jika dibaca untuk pengobatan diri kita bacanya seperti ini:

اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ وَالْمَنِّ الْقَدِيْمِ , ذَا الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ , وَلِيَّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ عَافنا مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ

Jika untuk mengobati orang lain, bacalah seperti ini:

اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ وَالْمَنِّ الْقَدِيْمِ , ذَا الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ , وَلِيَّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ عَافِ فلان بن فلان مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ

Gantilah kata fulan bin fulan dengan nama orang yang diobati dan nama ayahnya. Misalnya: Heri bin Kasim (Heri putra bapak Kasim) atau Farida binti Sardi (Farida putri bapak Sardi), dan sebagainya.

Dan jika dibaca untuk memohon agar diri kita dan keluarga kita selalu sehat, selamat dan tercapai keinginan baiknya, atau kenginan lainnya, maka bacalah seperti ini:

اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ وَالْمَنِّ الْقَدِيْمِ , ذَا الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ , وَلِيَّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ , عَافِنَا وَاَهْلَنَا مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ , وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ آمِيْنَ

واما سند هذا الدعاء , انا محمد السربيونجي , عن شيخي الكياهي عبد الحنان معصوم , عن الكياهي محمد احمد بن سهل , عن العلامة محمد ياسين الفاداني , عن الشيخ عمر بن حمدان المحرسي , عن الشيخ فالح بن محمد الظاهري , عن الشيخ محمد بن علي الخطابي السنوسي , عن الحافظ السيد مرتضى الزبيدي , عن الشمس محمد سالم الحفني , عن عبد العزيز الزيادي , عن الشمس محمد بن العلاء البابلي , عن الشيخ سالم بن محمد السنهوري , عن النجم محمد بن احمد الغيطي , عن القاضي زكريا الانصاري , عن الحافظ بن حجر , عن أبي الحسن بن أبي المجد وأبي هريرة ابن الذهبي , عن ابن أبي محمد القاسم بن المظفر بن عساكر , عن أبي محمد عبد الله ابن عمر بن حموية , عن علي بن الحسن بن هبة الله ابن عساكر , قال : أخبرنا أبو القاسم أيضا , أخبرني الأمير عرس الدولة أبو فراس طراد بن الحسين بن حمدان , أنا أبو عبد الله الحسين بن عبد الله بن محمد بن إسحاق بن أبي كامل قراءة عليه , أنبأ خال أبي أبو الحسن خيثمة بن سليمان  , عن سليمان بن حيدرة , نا عبيد بن محمد الكشوري , نا عبد الله بن عبد ربه البصري , عن أبي رجاء , عن شعبة  , عن أبي إسحاق , عن الحارث , عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه , ﴿أَنَّ جِبْرِيلَ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم ... ﴾ . اهـ

وقيل , فوائدها وخصائصها كثيرة جدا , منها

Dikatakan bahwa, faidah dan kekhususan do'a ini sangat banyak. Diantaranya:

Barangsiapa yang senantiasa membaca dan mengamalkan doa ini secara istiqamah pada setiap selesai solat sekurang-kurangnya sekali, maka insya Allah hajatnya akan terlaksana.

Jika ada penguasa yang ingin menjadi orang yang berilmu, maka dengan berkah doa ini insya Allah akan berhasil.

Demikian juga jika ada yang ingin menjadi kekasih Allah, maka dengan berkah doa ini insya Allah akan berhasil.

Apabila anda ingin mendekati orang besar atau orang yang berpangkat atau berkumpul dengan orang banyak, maka bacalah doa ini tiap hari sekurang-kurangnya sekali, insya Allah semua orang yang anda dekati akan menaruh kasih sayang.

Apabila anda ingin melamar seorang wanita, maka berpuasalah sehari dan malamnya jangan tidur, kemudian bacalah doa ini terus menerus di tempat yang sunyi, insya Allah lamaran anda diterima.

Apabila ada orang yang bertengkar, sedang anda ingin melerainya maka bacalah doa ini, insya Allah orang yang bertengkar itu akan berhenti dan akhirnya saling memaafkan.

Apabila anda pergi fisabilillah, bacalah doa ini, insya Allah tidak di kejar musuh, bahkan musuh akan lari tunggang langgang ketika bertemu dengan anda.

Apabila anda ingin kuat berjalan, bacalah doa tersebut pada daun sirih yang bertemu ruasnya, kemudian usapkanlah mulai dari kepala hingga kaki, insya Allah akan kuat berjalan walau jauh perjalanan anda.

Apabila doa ini ditulis pada kertas lalu tulisan tersebut di letakkan pada tanaman, insya Allah tanaman tersebut akan selamat dari hama.

Apabila diletakkan pada tempat-tempat yang menakutkan atau pada tempat-tempat yang ditempati syaitan, jin dan segala macam jenis makhluk halus, maka insya Allah dalam waktu singkat mereka akan berpindah tanpa kembali lagi.

Apabila ada orang kerasukan syaitan dan jin, atau gila, maka cara mengobatinya adalah bacakan kepada minyak kemudian oleskan ke badannya.

Apabila anda ingin berjumpa dengan jin, maka bacalah doa ini sebanyak seratus kali dalam keadaan tidak berhadas (suci), baik suci badan dan tempat, kemudian masuklah di tempat yang sepi pada malam Jum'at. Insya Allah anda akan berjumpa dengan jin itu, tapi sebelum itu, mohonlah perlindungan dari Allah dengan perlindungan yang kuat untuk diri, keluarga maupun harta dan rumahnya.

Apabila ada orang sakit, maka bacalah doa ini pada minyak oles apa saja, kemudian oleskan pada tempat yang sakit, insya Allah akan lekas sembuh.

Apabila ada orang digigit ular, atau kena sengatan binatang berbisa, atau kena racun dan penyakit lain, maka bacakanlah doa tersebut pada tempat yang terkena gigitan atau sengatan itu, insya Allah akan lekas sembuh.

Apabila ada orang sakit mata, maka bacalah doa ini lalu tiupkan pada mata yang sakit itu. Insya Allah akan lekas sembuh.

Apabila ada wanita kesulitan melahirkan, maka bacalah doa ini pada mangkuk putih yang berisi air, kemudian airnya diminumkan, insya Allah bayinya akan segera keluar tanpa kesulitan.

Apabila akan turun hujan dalam suatu perjalanan, agar anda tidak kehujanan, maka bacalah doa tersebut, insya Allah tidak jadi turun hujan.

Jika ada binatang yang cacat dan dibacakan kepadanya , maka insya Allah akan sembuh.

Jika diletakan pada tanaman, insya Allah selamat dari segala hama.

Apabila anda ingin pergi belayar, kemudian kehabisan air minum, maka bacalah doa ini pada air laut, insya Allah air laut yang semula asin berubah menjadi tawar dan bisa diminum.

Apabila doa ini dibaca setiap hari, maka insya Allah akan selamat dari siksa neraka, selamat dunia akhirat dan terhindar dari godaan syaitan.

Apabila ingin mimpi yang indah, maka bacalah doa ini pada malam Sabtu, sebanyak seratus kali, insya Allah akan tercapai.

Apabila dibaca pada malam minggu, maka insya Allah bisa awet muda walau usia sudah lanjut.

Apabila dibaca pada malam senin, maka insya Allah selamat, dan jauh dari malapetaka.

Apabila dibaca pada malam selasa, maka insya Allah anda akan menjadi kuat, serta jauh dari penyakit.

Apabila anda baca pada malam rabu, maka insya Allah gigi anda akan menjadi kuat, serta jauh dari penyakit.

Apabila dibaca pada malam kamis, maka insya Allah wajah anda bertambah elok.

Apabila dibaca pada malam Jum'at, maka insya Allah semua binatang buas akan menjadi patuh terhadap anda. 

Jika doa ini dibaca sebanyak 50 kali, insya Allah akan terhindar dari kufur, bid'ah dan dijauhkan dari pekerjaan yang keji.

Jika dibaca ketika matahari hendak terbenam, maka insya Allah akan diampuni segala dosanya.

Semoga Allah selalu memberi hidayah, rahmat dan pertolongan-Nya dalam mengarungi kehidupan di dunia ini serta kelak nanti di ahirat. Amin.

وقلت : لا تحصل الفوائد الا بمداومته واقله ثلاثا او سبعا او احدي واربعين مرة او زيادة كل يوم ، والله ذو الفضل العظيم

Menurut saya, faidah-faidah yang sangat banyak ini tidak berhasil kecuali orang tersebut mau membacanya dengan dawam (waktu dan jumlah yang tetap) setiap hari, minimal 3x atau setiap selesai salat 1x atau 7x atau 41x atau lebih atau jumlah wirid do'a tersebut dibaca secara tetap pagi dan sore.

وعلينا بالاخلاص ، فإنه اسلم وامكن واقرب الي الاجابة . والله اعلم . اهـ

Dan bagi kita harus ikzlas, karena (jika bisa ikzlas, maka) lebih selamat, lebih mungkin diqobulkan dan lebih dekat (lebih cepat) diijabah. Wallahu a'lam.

No comments:

Post a Comment