22 July 2020

Wasiat Para ulama tentang shalawat

۞ اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ۞
Al Quthbul Maktum Abul Faidl Ahmad bin Muhammad At Tijany ra pernah berkata,
مَنْ دَاوَمَ عَلٰی صَلَاةِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ يَمُوْتُ عَلٰی الْاِيْمَانِ قَطْعًا
"Barangsiapa mendawamkan/mengistiqomahkan membaca sholawat Al Fatihi Lima Ughliqo, Dia pasti akan Mati dalam keadaan membawa iman".
Andaikan ada 100.000 umat, masing2 ummat ada 100.000 kabilah (suku), masing2 orang hidup selama 100.000 tahun, semuanya mereka setiap hari membaca 100.000 sholawat selain sholawat fatih, maka semua pahala itu jika dikumpulkan tidak akan sanggup menandingi 1x sholawat fatih
Imam Abul Hasan Asy-Syadzilli ra pernah berkata, “Di akhir zaman tidak ada amalan yang lebih baik daripada bersholawat kepada Rosululloh ﷺ”.
Imam Ibnu Hajar Al-'Asqolani ra menyatakan, “Tidak tertolak sholawat atas Nabi ﷺ”.
Imam Al-Hafidz Asy-Syaroji ra berkata, “Semua dzikir tidak diterima kecuali dengan khusyu' dan hadir hatinya kecuali sholawat, maka akan diterima meskipun tanpa khusyu' dan hadirnya hati. Karena itu Abul Hasan Al-Bakri ra berpesan: “Seharusnya tiap hari seseorang jangan kurang membaca sholawat dari 500 kali”.
Syech 'Abdul Qodir Al-Jailani ra pernah berwasiat, “Dengan membaca sholawat, seorang hamba dapat meraih keridhoan Alloh ﷻ , memperoleh kebahagiaan dan restu Alloh ﷻ , barokah-barokah yang dapat dipetik, do'a-do'a yang terkabulkan, bahkan dia bisa naik ke tingkatan derajat yang lebih tinggi, serta mampu mengobati penyakit hati dan diampuni dosa-dosa besarnya”.
Adapun Syech Ibnu 'Athoillah As-Sakandari ra berkata, “Siapa yang (merasa) tidak memiliki amalan sholat dan puasa yang banyak untuk menghadap Alloh di hari kiamat, maka hendaknya ia perbanyak membaca sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad ﷺ”.
Al-Quthbul Imam Al-Habib Abdulloh bin 'Alwi Al-Haddad ra menyebutkan bahwasanya para 'Ulama' berkata, “Satu sholawat dari Alloh cukup untuk seorang hamba, dunia dan akhirat”.
As-Sayyid Muhammad bin 'Alawi Al-Maliki ra pernah berpesan, “Jangan tinggalkan membaca sholawat kepada Rosululloh ﷺ , Karena bacaan sholawat itu merupakan kunci segala kebaikan dan pintu segala keutamaan untuk agama, dunia dan akhirat”.
Al-Habib 'Umar bin Hafidz ra mengatakan, “Sesungguhnya apabila engkau melakukan keta'atan kepada Alloh seumur hidupmu, bahkan Alloh berikan di atas umurmu adalah umurnya seluruh manusia untuk digunakan dalam keta'atan kepada-Nya, maka sesungguhnya masih lebih hebat satu sholawat dari Alloh ﷻ".
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍۨ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي اِلٰی صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلٰی آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ
بِجَاهِ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ صلّی اللّه عليه وسلّم وَبِجَاهِ شَيْخِنَا وَسَنَدِنَا دُنْيًا وَاُخْرًی سَيِّدِي اَبِي الْعَبَّاسِ احمد بن محمّد التِّجَانِي رضي اللّه عنه وعنّا به. آمين

No comments:

Post a Comment