Loading...
25 January 2014

Amalan Untuk Mendapatkan Karomah (Kemulian)

Doa Memohon
Anugrah dan Kemulian Hidup


ﻳَﺎ ﻣَﻦْ ﺃَﻇْﻬَﺮَ ﺍﻟْﺠَﻤِﻴﻞَ، ﻭَﺳَﺘَﺮَ ﺍﻟْﻘَﺒِﻴﺢَ، ﻭَﻟَﻢْ ﻳُﺆَﺍﺧِﺬْ ﺑَﺎﻟْﺠَﺮِﻳﺮَﺓِ، ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﻬْﺘِﻚِ ﺍﻟﺴّﺘْﺮَ، ﻭَﻳَﺎ ﻋَﻈِﻴﻢَ ﺍﻟْﻌَﻔْﻮِ، ﻭَﻳَﺎ ﺣَﺴَﻦَﺍﻟﺘَّﺠَﺎﻭُﺯِ، ﻭَﻳَﺎ ﻭَﺍﺳِﻊ َﺍﻟْﻤَﻐْﻔِﺮَﺓِ، ﻭَﻳَﺎ ﺑَﺎﺳِﻂَ ﺍﻟْﻴَﺪَﻳْﻦِ ﺑِﺎﻟﺮَّﺣْﻤَﺔِ، ﻭَﻳَﺎ ﺳَﺎﻣِﻊَ ﻛُﻞّ ﻧَﺠْﻮَﻯ، ﻭَﻳَﺎ ﻣُﻨْﺘَﻬَﻰ ﻛُﻞّ ﺷَﻜْﻮَﻯ، ﻭَﻳَﺎ ﻛَﺮِﻳْﻢَ ﺍﻟﺼَّﻔْﺢِ، ﻭَﻳَﺎ ﻋَﻈِﻴﻢَ ﺍﻟْﻤَﻦِّ، ﻭَﻳَﺎ ﻣُﻘِﻴﻞَ ﺍﻟْﻌَﺜَﺮَﺍﺕِ، ﻭَﻳَﺎ ﻣُﺒْﺘَﺪِﺋﺎً ﺑِﺎﻟﻨِّﻌَﻢِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﺳْﺘِﺤْﻘَﺎﻗِﻬَﺎ، ﻳَﺎ ﺭَﺑِّﻲ ﻭَﻳَﺎ ﺳَﻴِّﺪِﻱ ﻭَﻳَﺎ ﻣَﻮْﻟَﺎﻱَ ﻭَﻳَﺎ ﻏَﺎﻳَﺔَ ﺭَﻏْﺒَﺘِﻲ، ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﻳَﺎ اللّهُ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﺗُﺸَﻮِّﻩَ ﺧِﻠْﻘَﺘِﻲ ﺑِﺒَﻠَﺎﺀِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﻟَﺎ ﺑِﻌَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ، ﻭَ صَلَّى اللّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ اصْحَابِهِ صَلاَةً كاملةً وسلِّم سلامًا تامًّا دَائِمَةً بِدَوَامِ اللهِ الْعَظِيْمِ ۞

 Yaa man ad harol jamil, wa satrol qobih, wa lam yu’ahid bil jariroh, walam yahtikis satro, wa ya adimal afwi, wa ya hasanat tajawuzi, wa ya wasi’al magfiroh, wa ya basitol yadaini birrohmah, wa ya sami’a kulli najwa, wa ya muntaha kulli syakwa, wa ya karima sof hi, wa ya adimal manni, wa ya muqilal asaroti, wa ya mubtadi’a binni’ami qobla istihqoqiha, ya robbii wa ya sayyidii wa ya maolaya wa ya goyata rogbatii, as’aluka ya Allah alla tusyawwiha hilkqotii bibala’id dunya wa la bi’adabin naar. Wa sholAllahu ala sayyidina Muhammadin wa ala alihi wa as habihi sholatan kamilatan wasalim salaman taamman daimatan bidawamillahil adhiim.


Artinya : 
Wahai Yang menampakan keindahan dan menutupi keburukan, Wahai Yang tidak tergesa-gesa dalam menjatuhkan hukuman atas suatu kesalahan, dan juga tidak menyebar luaskan ke-aib-an hambaNya, Wahai Yang Maha Pemaaf dan Pengampun, Yang kedua tanganNya senantiasa terulur dengan rahmat, Wahai Yang Maha Mendengar setiap bisikan rintihan dan Tempat melimpahkan segala keluhan, Wahai Yang Maha Pemurah, Wahai Yang Amat besar anugrahNya, Wahai Yang Maha menepis segala ketergilinciran, Yang memberikan kenikmatan sebelum diminta, bahkan sebelum hambaNya berhak untuk mendapatkannya.Wahai Tuhanku, Wahai Junjunganku, Wahai Penolongku, Wahai Puncak Tujuanku, aku memohon kepadaMu ya Allah janganlah Engkau hinakan diriku dengan mushibah dunia dan azab neraka. Dan limpahan shalawat Allah kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, shalawat dan salam yang sempurna yang abadi, dengan hak keabadian Allah yang maha agung.

Penjelasan :
Di dalam kitab al-Mustadrak, Imam Al-Hakim Al-Naisaburiy menyebutkan sebuah hadits Shahih dari Umar bin Syu`aib Radiyallahu Anhu yang dia terima dari bapaknya dan kakeknya. Kakeknya bernama Abdullah Bin Amr Bin Ash, kakeknya meriwayatkan dari Rasulullah: Beliau berkata :

”Malaikat Jibril pernah datang kepada Rasulullah dengan membawa do`a ini dari langit Jibril berkata : “Salam sejahtera atas-mu ya Rasulallah”. Rasulullah menjawab : ”Salam sejahtera pula atas-mu ya Jibril”. Ia berkata :”Allah telah mengutusku untuk membawa sebuah hadiah untukmu”. “Hadiah apa ?” tanya Rasulullah. “Beberapa kalimat yang diambil-Nya dari gudang arsy” jawabnya. “Dengan kalimat ini, mudah-mudahan Allah akan memuliakanmu”. “Kalimat apa ya Jibril?” Tanya Rasulullah. Kemudian malaikat Jibril membacakan do`a ini : Yaa man azharal jamiil, wa satarol qabiih......
Rasulullah bertanya lagi : “Fadhilah apa yang Allah berikan kepada pembacanya ?”. Malaikat Jibril menjawab : “Seandainya semua malaikat yang ada di tujuh lapis langit itu berkumpul untuk menggambarkan fadhilahnya, niscaya mereka semua tidak akan mampu untuk menggambarkan fadhilahnya sampai hari kiamat tiba. Dan Allah Ta’ala telah berfirman kepadaku : Kuberikan pahala kepada pembacanya sebanyak semua makhluk yang telah aku ciptakan, sebanyak tetesan air hujan, sebanyak pasir dan kerikil, dan Aku berikan pahala seperti yang di dapat oleh 70 orang nabi yang telah menyampaikan dakwah risalah”.

Imam Al-Hakim berkomentar : “Hadits ini sanadnya shahih karena perawinya kebanyakan berasal dari penduduk Madinah yang terpercaya”.

Doa diatas merupakan doa yang juga di amalkan oleh Imam Zaenal Abidin cucu Nabi Muhammad, diantara karomahnya beliau sendiri adalah Allah memberikan kekuatan kepada Imam zaenal Abidin kekuatan didalam menjalankan ibadah, beliau mampu menjalankan shalat malam hingga 1000 rokaat (Masya Allah luar biasa), Bukan Cuma ahli ibadah tapi beliau juga memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, sampai sampai pundak beliu sendiri menghitam gosong karena seringnya memikul sendiri barang-barang yang akan beliau shodaqohkan kepada orang orang yang kekurangan.

Mengenai doa diatas ada beberapa pendapat mengatakan sebaiknya doa ini dibaca sebanyak 20 kali sehari semalam sekali duduk, boleh juga di baca setelah shalat shubuh 10 kali dan setelah shalat magrib 10 kali, mungkin juga bisa di cicil/dibagi dibaca sehabis shalat lima waktu  sebanyak 4 kali.

 Dan jika Anda masih merasa keberatan Anda cukup membacanya 1 kali sehabis shalat shubuh dan 1 kali sehabis shalat magrib, karena hakekatnya bukan seberapa banyak yang mampu Anda baca, tapi yang paling utama adalah “istiqomah” (kontinyu) didalam mengamalkanya, dan silahkan Anda untuk mengamalkanya.


Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
TOP