Loading...
02 December 2013

Rahasia Kaya Raya Pengusaha China


Saya memposting ini bukan berniat rasis atau sebagainya, murni untuk bagi-bagi ilmu yang sepatutnya bisa kita terapkan.. jangan hanya mewek dan iri melihat keberhasilan mereka di negeri ini. Curi ilmunya!!! Bukan curi barangnya.. Sekali lagi maaf, saya tidak punya masalah dengan orang china disini, bahkan saya sendiri punya teman orang china.. Dan mereka itu sebenernya baik dan ramah2 kok. suheeerrrr!!! bahkan ane akui kalo mereka itu jauh lebih ramah dari ane. sekali lagi suheeerrr!!! Oke.. let’s go to the point!!!
  1. Beberapa faktor yang mendorong keberhaasilan orang China adalah banyaknya kemiskinan, perasaan kurang aman di tempat orang lain, kemampuan bertahan hidup di tempat orang lain, tidak adanya pilihan lain, dan ajaran falsafah hidup konfusiusme.
  2. Dalam sistem sosial orang Cina, anak laki-laki adalah ahli waris keturunan, salah satu cara menunjukkan penghormatan kepada orang tua dan mengangkat derajat keluarga adalah menjadi kaya. Satu-satunya cara menjadi kaya adalah melalui kegiatan perdagangan.
  3. Uang jangan pernah dijadikan sebagai penghalang. Asal ada kemauan, disitu pasti ada jalan, yang terpenting harus tabah dan sanggup untuk hidup susah. Etika bisnis ini merupakan pegangan atau pedoman akan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak dilakukan oleh orang Cina dalam melakukan usaha.

Etika Pengusaha China :
  1. Melarang penggunaan cara-cara kotor untuk menjatuhkan orang lain karena cara tersebut dianggap perbuatan yang terkutuk
  2. Pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekkan kegiatan perdagangan orang lain.
  3. Pedagang tidak boleh terlalu kaku, namun sebailknya perlu memperbolehkan proses tawar-menawar.

Pola Pikir Berbisnis Pengusaha China

Falsafah dan Budaya Bisnis Cina Selain bertujuan memperoleh kekayaan, orang Cina juga selalu berfokus dalam mencapai tujuan. Upaya mencapai tujuan tersebut dilakukan secara konsisten melalui peningkatan serta perbaikan secara terus-menerus, sehingga ada ungkapan dalam bahasa Cina, yang dapat diartikan “Jika dahulu bapaknya berjualan air di pinggir jalan, anaknya akan membuka restoran, dan barangkali cucunya akan mendirikan pabrik yang memproduksi air dalam kemasan”  kalimat ini menunjukkan bahwa dalam budaya Cina terdapat prinsip generasi mendatang harus lebih baik dari generasi sebelumnya. Prinsip tersebut pada saat ini dikenal dengan istilah perbaikan berkelanjutan (continuous improvement), dimana dalam setiap kegiatan harus dilakukan perbaikan dan peningkatan secara terus-menerus.

Falsafah Bisnis Pengusaha China :
  1. Untuk mencapai sukses orang cina harus berdagang. Bekerja keras dan beran membuka peluang usaha baru merupakan kunci keberasilan, dan hasil usaha berupa keberhasilan dan kegagalan ditentukan oleh sikap, usaha, dan keyakinan.
  2. Berdagang dapat dijadikan sebagai hobi tetapi bukan untuk mengisi waktu luang. Berdagang adalah pekerjaan yang serius dan bukan pekerjaan ikut-ikutan.
  3. Pengalaman berdagangdiberikan kepada anak cucu agar mereka mengenal ilmu perdagangan sehingga memiliki sikap mental yang sama dan mencapai keberhasilan secara lebih cepat
  4. Keuntungan yang diperoleh sebaiknya tidak dibelanjakan. Keuntungan tersebut harus digunakan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi.
  5. Orang Cina suka perdagangan yang memberikan keuntungan jangka panjang dan berkelanjutan dalam waktu yang lama. 6.Pedagang yang jatuh akan merasa sakit, tetapi rasa sakit itulah yang membuatnya bangkit kembali.

Budaya Bisnis Pengusaha China :
  1. Orang Cina rela bangun pagi dan terus bekerja sampai malam hari untuk mencapai keberhasilan. Jadi, tidak ada alasan bagi orang Cina untuk tidak sukses jika mereka tekun.
  2. Apabila orang Cina mengatakan akan berdagang, mereka biasanya tidak akan berfikir panjang untuk melakukannya. Pengalaman dan kemahiran tidak penting karena dapat dipelajari.
  3. Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangat. Sebaliknya, akan membuat lebih gigih. Kegagalan yang kedua dijadikan pelajaran. Kegagalan ketiga menjadikannya lebih bijak. Kegagalan yang berikutnya menguji kesabaran dan ketabahan.
  4. Apabila melibatkan diri dalam kegiatan perdagangan, kita harus mentapkan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.
  5. Budaya dagang Cina mengutamakan hal penting Berikut adalah cara-cara bisnis orang Cina yang dapat kita tiru dan dikembangkan lagi sehingga akan memperkuat bisnis.

Cara Berbisnis Pengusaha China
  1. Untuk dapat menjadi pedagang sukses harus mendapatkan keyakinan dari pelanggan
  2. Tidak boleh pelit mengeluarkan biaya tambahan untuk memikat hati pelanggan.
  3. Bekerja minimal 18 jam sehari
  4. Harus fleksibel dan beradaptasi dengan kondisi yang ada
  5. Tempat usaha harus mudah diakses dan menarik perhatian konsumen untuk mengunjungin
  6. Tidak boleh semata-mata mengikuti pola pikirnya, tetapi mengikuti perilaku, minat, dan kehendak orang banyak.
  7. Bekerja sendiri supaya dapa mandiri serta memiliki daya juang, semangat tinggi, dan pantang menyerah.
  8. Citra (image) dibentuk dengan pelayanan yang diberikan bukan pada gaya dan kebaikan berpakaian.
  9. Lebih suka mempekerjakan sanak keluarganya sendiri untuk membantu kegiatan perdagangan. Orang Cina suka menggaji orang yang sudah mereka kenal dan mempunyai perhatian saudara daripada mempekerjakan orang lain.
  10. Akan merasa rendah diri jika gagal hidup mandiri dan hanya mendapat gaji sepanjang hidupnya. Gaji yang diperoleh tidak dapat digunakan untuk memperkaya diri dan meningkatkan kedudukan.
  11. Sebagian keuntungan harus disimpan untuk mengembangkan kegiatan perdagangan dan menghadapi kemungkinan apa pun yang terjadi di luar dugaan, sebagian digunakan untuk modal kerja Sistem perdagangan yang dianut orang Cina adalah sistem perdagagan yang berorientasi pada pelanggan. Sistem bisnis Cina mengutamakan interaksi tatap muka atau face to face antara pedagang dan pelanggan serta komunikasi dengan banyak orang.   

Sistem Bisnis Pengusaha China :
  1.  Orang Cina mengizinkan pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan dari pemilik.
  2. Sukses bisnis tidak menggunakan jalan pintas.
  3. Pelanggan lama diberikan kebebasan dan pelayanan yang istimewa sedangkan pelanggan baru diimingi-imingi dengan potongan harga dan kemudahan kredit.
  4. Pekerja dalam sistem bisnis Cina adalah bagian yang tidak terpisahkan dari entitas bisnis. Seni bisnis Cina adalah suatu gerakan yang bersifat fleksibel, yaitu proses penyesuaian diri dan membaca perilaku pelanggan sehingga seorang pedagang dapat mengerti seluk-beluk yang berkaitan dengan perdagangan serta mampu, terampil, dan menguasainya.

 Seni Bisnis Pengusaha China :
  1.  Berwirausaha penuh dengan persaingan yang keras dan dilakukan dengan berbagai macam cara.
  2. Dalam berwirausaha diperlukan adanya kecermatan atau ketelitian yang tinggi dan sikap fleksibel.
  3. Seni berdagang Cina mengutamakan win-win solution
  4. Pengusaha harus rajin bekerja, ramah, dan menjadikan pelanggan sebagai sahabat dekat.
  5. Pengusaha harus memiliki daya tahan, mental, dan jiwa yang kuat.


Semoga Bermanfaat ! 

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
TOP