Loading...
23 May 2014

Curahan Hati yang Gelisah (Munfarijah)


Syair munfarijah sendiri bukan hanya sekedar doa, lebih dari itu berisi nasehat, hikmah dan ungkapan yang jujur yang sebenarnya dari yang ada di lubuk hati. Misalnya pada bait 6 syair berikut ini :

فَلَرُبَّتماَ فَاضَ اْلمَحْياَ ۞ بِبُحُوْرِ اْلمَوْجِ مِنَ الُّلحَجِ

Artinya : Namun kadang semerbaknya hidup  terpancar diantara gelombang samudra dan dalamnya laut (Syaikh Yusuf bin Muhammad bin yusuf at-Turizi at-Tuusi). 

Kehidupan yang sekarang sedang kita jalani, tidaklah selalu mudah di tempuh. Semangat  juang tinggi (mujahadah : ihtiyar dan doa) dan ketabahan (sabar dan tawakal) dalam mengarungi bahtera kehidupan adalah syarat mutlak, untuk kita bisa selamat. Kita juga harus senantiasa waspada (siap siaga) setiap saat, lengah sedikit kita akan tertelan gelombang kehidupan tanpa ampun, itu adalah resiko bagi orang hidup.

DOA
HATI YANG LUKA

Ya Allah, Dzat yang maha melihat segala apa yang ada didalam hati dan maha mendengarnya, Ya Allah, engkaulah Dzat yang maha menyiapkan segala yang terjadi, ya Allah engkaulah Dzat yang dimohon untuk melepas segala  kesengsaraan, Ya Allah engkaulah Dzat  mengadu segala keluh kesah, kegelisahan dan ketakutan kepadaMu. Ya Allah Dzat yang simpanan rizkiMu ada pada 

firman “KUN/Jadilah” berilah aku anugrahMu, sungguh segala kebaikan terkumpul di sisiMu.
Aku tidak punya apa-apa untuk bisa sampai kepadaMu kecuali kehinaanku, kefakiran dan segala kebodohanku. Maka dengan penuh pengharapan aku haturkan segala  kehinaan, kefakiran dan kebodohanku ini, aku tidak punya daya untuk mengetuk pintuMu ya Allah, kalau engkau tolak aku, pintu siapa lagi yang aku ketuk?, dan kepada siapa lagi aku harus memohon dan aku bisikkan namanya?,

Apabila anugrahMu menepiskan permohonanku, pemutus asaanMu kepada kepada orang yang durhaka  menggiring kearah kemurahanMu, anugrahMu lebih banyak dan pemberianMu lebih menyeluruh.

DOA 2
HATI YANG LUKA

Ya Allah, Dzat yang menyambut doa orang yang sedang menderita di malam kelam, Ya Allah, Dzat yang menyingkap penderitaan dan cobaan yang menyakitkan.

Orang-orang yang datang kepadaMu tidur dan jaga di sekitar rumahMu (ka’bah), wahai engkau ya Allah Dzat yang maha hidup dan maha berdiri sendiri, dan engkau tidak pernah tidur.
Aku memohon kepadaMu ya Allah dalam keadaan sedih, resah dan gelisah. Kasihani tangisku ini demi ka’bah rumahMu dan tanah haram.

Manakala kemaha pemurahanMu tidak bisa diharap oleh orang bodoh, maka siapa pula yang akan mengasihani orang-orang yang berdosa dengan belas kasihNya?.

DUA DOA DIATAS MERUPAKAN KARYA DARI SYAIKH YUSUF BIN MUHAMMAD BIN YUSUF AT-TURIZI AT-TUUSI

DOA DAN DZIKIR
HATI YANG LUKA

Dalam Islam sendiri Nabi Muhammad saw mengajarkan suatu doa, yang sangat baik untuk di amalkan bagi orang-orang yang lagi resah gelisah, merasa lemah (tiada semangat), pelit, terlilit hutang, dalam intimidasi orang/penguasadan dibaca sesering mungkin. Bacalah doa ini sesering mungkin dan sebanyak-banyaknya :

اللَّـــهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ  
 وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

Artinya : “Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud 4/353)

BACAAN ISTIGFAR

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِیْمِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Asataghfirullaahaal adzhim alladziy Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyal Qayyuma wa Atuubu Ilaih
Artinya : “Aku mohon ampun dan bertaubat kepada Allah Dzat yang maha agung tiada Tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat yang Maha hidup dan berdiri sendiri” 


Banyak sekali amalan-amalan untuk mempercepat tercapainya segala hajat, amalanya itu cukup berat itu mungkin untuk kita yang tidak terbiasa akan berat untuk bisa bangun malam melaksanakan shalat tahajud, hajat, tasbih dan shalat dluha di pagi hari. Atau juga  melaksanakan puasa sunah meskipun itu hanya puasa senin kamis, atau juga untukmengamalkan baca shalawat nariyah 4444, atau baca ayat kursi 1000 kali di tengah malam, atau juga membaca surat yasin sebanyak 40 kali sekali duduk.

Dan yang kedua banyak-banyaklah membaca Istigfar, kenapa istigfar?  karena kita manusia yang pastinya tiada pernah terlepas dari salah, dosa dan lupa. Jika tidak mampu/ tidak bisa untuk baca sebanyak banyaknya cukup saja di baca 100 kali di pagi hari, dan 100 kali di sore hari (ba’da ashar) boleh juga di baca setelah shalat magrib.

Istigfar sendiri sangat ampuh untuk mengatasi problem hidup yang sangat komplek, beban psikologis (kesedihan, stres , depresi dll), masalah keluarga, orang tua, suami, istri, anak, kebutuhan/pendapatan hidup,rizki, kesehatan, pekerjaan, jodoh dan banyak lainya, maka banyak-banyaklah baca istigfar, istigfar adalah solusi ampuh dan terbaik untuk semua masalah anda.

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
TOP