Loading...
21 June 2014

Stempel Kenabian (Khotamun Nubuwah)

Kali ini admin mau berikan Info mengenai tanda/cap kenabian, dan ini bisa anda jadikan sebagai tambahan pengetahuan. Seberapapun lemah Hadist jikalau itu benar-benar bersumber dari Rasulullah tetaplah itu lebih baik daripada ucapan manusia seluruh alam yang ahli ilmu. Tetapi yang terjadi di kenyataan kita sering berpolemik lebih mempercayai ucapan orang-orang yang tidak menyukai sunah karena beranggapan bahwa hadist itu lemah.

Mungkin diantara kita masih bayak yang lebih percaya dengan ucapan Plato, Aris Toteles, Mahatma Gandi, Joyo Boyo dan lainya yang padahal belum tentu ucapan tersebut berasal dari mereka kerena tidak bisa di buktikan secara ilmiah karena tidak ada ilmu periwayatan. Tetapi  jika didalam ilmu hadist itu ada ilmu periwayatan, jadi keontetikan dan keorisinilan hadist itu bisa di buktikan secara ilmiah, meskipun itu hadist itu kedudukanya lemah.

Diantara dua bahu Nabi Muhammad saw ada cap kenabian (Khatamun Nubuwwah). Dari kitab Kifayatul Muhtaj bagi bicara (isra & miraj m/s4). Diceritakan ketika Nabi sedang berada ni Hijir Ismail (Baitullah), datang malaikat Jibrail dan Mikail, dan dibelah dada nabi dari pangkal leher hingga ke bawah perut, dan disucikan hati nabi dan dibasuh jantung nabi dengan air zam-zam 3 kali dan kemudian dimaterikan antara dua belikat Rasulullah dengan Khatamun Nubuwwah.

Dari kitab Madarijus Suud syarah ala Maulid Barzanji m/s 51&52: Cap kenabian ialah daging atau lemak yang hitam (nampak timbul) bercampur kekuningan(seperti urat), kelilingnya itu ada bulu-buluan(bulu roma) yang beriring-iringan seolah-olah bulu kuda (halus).

Belikat Stempel Kenabian

Berkata Alamah Imam Zurqani dalam kitab Al-Mawahidunyah syarah ‘ala Syamail, tertulis dalam bentuk segitiga. ” Dia Allah Tuhan yang Maha Esa , Tiada Sekutu BagiNya, Nabi  Muhammad, HambaNya, RasulNya,” <= Dan di luar segitiga => : menghadap arah kanan , “Menghadaplah wahai Muhammad sekiranya  engkau mau (Hadaplah atau Pergilah ke mana engkau mau) < =Dan di sebelah kirinya pula =>,“Sesungguhnya engkau Muhammad dibela atau dibantu,”


Didukung dengan Hadis Berkata  Imam Thirmizi RA :

1. Barangsiapa berwudhu lalu melihat dia (ini khatam) diwaktu subuh, niscaya Allah swt  akan menjaganya sampai petang.
2. Barang siapa melihat ia di waktu magrib,niscaya Allah swt  akan  menjaganya higga waktu subuh.
3. Barangsiapa melihat ia ketika awal bulan(nampak anak bulan pada tanggal 1 hijriah), niscaya Allah swt akan menjaganya sampai akhir bulan
4. Barang siapa melihat ia akan awal tahun(nampak anak bulan/tanggal 1 Muharram),niscaya Allah swt  akan menjaganya sampai akhir tahun dari bala dan bencana
5.Barangsiapa melihat ia ketika bermusafir (dalam perjalanan), niscaya Allah swt  memberkati perjalananya itu dan barang siapa meninggal dunia didalam perjalananya itu di tahun tersebut maka Allah swt menjaga imanya, dan  bahkan aku (Tharmizi) berharap kepada Allah hal  yang demikian itu.
6. Bahwasanya barangsiapa melihat (ini khatam) satu kali seumur hidup dengan penuh cinta kepada  Nabi Muhammad saw, dengan iman yang benar, niscaya Allah swt akan menjaga dari perkara yang dia benci (munkar) sampai dia meninggal dunia.

Syarah Barzanji m/s 52 dengan Rujukan : Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah karangan Imam At-Tirmidzhi

Dari As-Sa’ib bin Yazid ra telah berkata: “Ibu saudaraku telah membawa aku kepada Rasulullah SAW. Maka dia berkata: Ya Rasulallah, anak saudaraku ini telah jatuh sakit, maka Rasulullah menyapu kepalaku dan mendoakan keberkatan padaku, kemudian Rasulullah mengambil wudhu’ maka aku pun minum air wudhu’nya. Kemudian aku bangun di belakang Rasulullah maka aku lihat satu cap yang terdapat antara bahu Rasulullah.” (HR.  Bukhari)

Berkata Al-Qurtubi : Hadis-hadis sahih bersepakat menyebut bahawa cap kenabian adalah sesuatu yang jelas kemerahan terdapat pada bahu kiri Rasulullah. Sekurang-kurangnya ukuranya adalah sebesar telur merpati dan sebesar-besarnya segenggam tangan. 

2 komentar:

  1. Info yang bermanfaat mas :)
    http://abdeeneugara.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ saya kan mluncur ke http://abdeeneugara.blogspot.com/ blog yang bagus mas Abdee Neugara tentang software, tehnologi, internet dan berita yang fresh yang menyegarkan

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
TOP