Solawat ‘Azhimiyyah telah di ajarkan oleh Nabi Muhammad
saw langsung kepada Syaikh Ahmad ibn Idris dengan tanpa perantara, sekali dan
dengan perantara Nabi Khidir as sekali.
Sesungguhnya telah dijelaskan oleh Syaikh yang Kamil, orang yang ‘Alim lagi
mengamalkan, Sayyidi Syaikh Ismail an-Nawab yang bermukim di Makah
al-Musharrafah, dari Gurunya Barakatul Wujud, Sayyidi Syaikh
Ibrahim ar-Rasyid, dari Gurunya yang Agung, Syaikh Ahmad ibn Idris, bahwa beliau
ditalqinkan oleh Nabi Muhammad saw sendiri awrad Thariqat
Syadziliyyah, dan memberinya awrad yang tinggi nilainya serta
Thariqat Suluk yang teristimewa (khusus).[1]
Bersabda Nabi Muhammad saw : “Barangsiapa yang sampai kepadamu
(wasilahnya) maka ia tidak akan tersesat ke daerah yang lain atau kepada
jaminan yang lain, tetapi akulah yang menjadi kekasihnya dan dia menjadi tanggunganku”.
Syaikh Ahmad ibn Idris berkata : “Aku berkumpul bersama Nabi Muhammad
saw secara nyata beserta Nabi Khidir. Nabi Muhammad saw pun memerintahkan
kepada Nabi Khidir as agar menalqinkan kepadaku awrad Thariqat
Syadziliyyah. Lalu Nabi Khidir mengajarkan dzikir tersebut di hadapan
Baginda”.
Kemudian bersabda Nabi Muhammad saw kepada Nabi Khidir as : “Wahai
Khidir, talqinkan (ajarkan) dia awrad yang mencakup seluruh dzikir,solawat dan istighfar,
yang lebih utama ganjarannya dan lebih banyak jumlahnya”.
Berkata Nabi Khidir as : “Apakah itu wahai Rasulullah?”
Bersabda Baginda Nabi Muhammad saw : “Ucapkanlah olehmu :
لاَاِلَهَ اِلاّ اللهُ مُحَمَّدٌ
رَسُولُ اللهِ فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَمَا وَسِعَهُ عِلْمُ اللهِ
Sehingga aku pun meniru bacaan setelah keduanya (Rasulullah & Nabi
Khidir) selesai mengucapkannya. Diulangi oleh Rasulullah hingga tiga kali.
Lalu Baginda bersabda : “Ucapkan :
اَللّهُمَّ اِنِّيْ أَسْاَلُكَ بِنُوْرِ وَجْهِ اللهِ الْعَظِيْمِ
الَّذِي مَلأ أَرْكانَ عَرْشِ اللهِ الْعَظِيْمِ وَقَاْمَتْ بِهِ عَوَاْلِمُ اللهِ
الْعَظِيْمِ أَنْ تُصَلِّىَ عَلَى مَوْلانَا مُحَمَّدٍ ذِي الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ وَعَلَى
آلِ نَبِيِّ اللهِ الْعَظِيْمِ بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاْتِ اللهِ الْعَظِيْمِ فِيْ كُلِّ
لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَمَا فِيْ عِلْمِ اللهِ الْعَظِيْمِ صَلاةً دَاْئِمَةً بِدَوَاْمِ
اللهِ الْعَظِيْمِ تَعْظِيْمًا لِحَقِّكَ يَا مَوْلانَا يَا مُحَمَّدُ يَا ذَا الْخُلُقِ
الْعَظِيْمِ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ مِثْلَ ذَلِكَ وَاجْمَعْ بَيْنِىْ وَبَيْنَهُ
كَمَا جَمَعْتَ بَيْنَ الرُّوْحِ وَالنَّفْسِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا يَقَظَةً وَمَنَامًا
وَاجْعَلْهُ يَارَبِّ رُوْحًا لِذَاْتِىْ مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوْهِ فِى الدُّنْيَا
قَبْلَ الأخِرَةِ يَا عَظِيْمُ
Kemudian bersabda Nabi: “Ucapkan:
أَسْتَغفِرُ اللهَ العَظِيْمَ الََّذِيْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ
هُوَ الْحَيَّ القَيُّوْمَ غَفَّارَ الذُّنُوْبِ ذَاالْجَلالِ وَالاِكْرَامِ وَأَتُوْبُ
إِلَيْهِ مِنْ جَمِيْعِ الْمَعَاصِى كِلِّهَا وَالذُّنُوْبِ وَالآثَامِ وَمِنْ كُلِّ
ذَنْبٍ أَذْنَبْتُهُ عَمْدًا وَخَطَأً ظَاهِرًا وَبَاطِنًا قَوْلاً وَفِعْلاً فِىْ
جَمِيْعِ حَرَكَاتِىْ وَسَكَنَاتِىْ وَخَطَرَاتِىْ وَأَنْفَاسِىْ كِلِّهَا دَائِمًا
أَبَدًا سَرْمَدًا مِنَ الذَّنْبِ الَّذِىْ أَعْلَمْ وَمِنَ الْذَّنْبِ الَّذِىْ لاَ
أَعْلَمْ عَدَدَ مَا أَحَاطَ بِهِ العِلْمُ وَأَحْصَاهُ الكِتَابُ وَخَطَّهُ القَلَمُ
وَعَدَدَ مَا أَوْجَدَتْهُ الْقُدْرَةُ وَخَصَّصَتْهُ الإِرَادَةُ وَمِدَادَ كَلِمَاتِ
اللهِ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِ رَبِّنَا وَجمَاَلِهِ وَكَمَالِهِ وَكَمَا
يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى
Itulah Istighfar Kabir, lalu diulangi oleh Nabi Khidir as, dan aku
mengulanginya. Kemudian Rasulullah bersabda: “Ya Ahmad, sungguh aku berikan kunci
langit dan bumi, itulah dzikir yang khusus, shalawat yang
agung, dan istighfar yang besar”.
Dikatakan pula oleh Syaikh Ahmad : “Kemudian aku menerima awrad tersebut
langsung dari Rasulullah dengan tanpa perantara, sehingga aku talqinkan kepada
para murid sebagaimana yang telah ditalqinkan kepadaku”.
Pernah suatu kali Rasulullah bersabda kepada Syekh Ahmad : “Laailaaha
illallaahu Muhammadur Rosuulullah, Fii kulli lamhatin wanafasin ‘adada maa
wasi’ahuu ‘ilmullaah. Aku menyimpannya untukmu, wahai Ahmad. Tiada
seorangpun yang dapat mendahului keutamaan engkau, wahai Ahmad. Ajarkan pada
para pengikutmu, agar mereka menjadi orang pertama yang mengetahuinya”.
Syekh Ahmad berkata : “Rasulullah membacakan untukku hizib-hizib dari
lafazh beliau”. Sehingga, ulama’pengikutnya merasa kesulitan pada
suatu kalimat dalam hizib. Maka ia berkata, “Wahai saudara kami,
demikianlah Rasulullah mengucapkan kepadaku”.
Para Guru Sufi mengatakan bahwa dasar Thariqat Syadzili dari Syekh Ahmad
ibn Idris. Setiap awrad yang diambil dari beliau bererti
berasal dari Nabi s.a.w.[2]
Antara murid Ahmad ibn Idris yang termasyhur, Sayyidi Muhammad ibn Ali
as-Sanusi dalam kitabnya Masyariqul Anwar menceritakan bahwa
ia pernah ditanya,
“Kepada siapa awrad ini dinisbahkan?”
Beliau katakan bahwa setiap murid yang ditalqinkan oleh Syekh Ahmad ibn
Idris pada awalnya, bererti ia ditalqin oleh Nabi.[3]
Apa yang terkandung dalam dzikir ini mencakup segala dzikir seluruh
makhluk, baik yang ada di langit mahupun yang ada di bumi. Secercah benda cair
maupun padat, yang bernyawa atau tidak merupakan bagian terkecil dari Ilmu-Nya,
yang tak lepas dari pengamatan-Nya, kesemuanya terangkum dalam keluasan Ilmu
Allah (Wasi’ahu ‘Ilmullaah).
[1]. Diceritakan dalam kitab Afdhalus Sholawat karya
Shaykh Yusuf bin Ismail an-Nabhani, hal. 170
[2]. Thariqat-thariqat yang mengambil sumber awrad /
ajaran dari Syekh Ahmad adalah Al-Idrisiyyah, Sanusiah, Dandirawiyyah,
Rasyidiyyah, Shalihiyyah, Madaniyyah, Ja’fariyyah, Majdzubiyyah, Khatmiyyah,
Mirghaniyyah.
[3]. Demikian pula disebutkan oleh Sayyid Muhammad
Utsman al Mirghani dalam kitab Ratib dan Sayyidi Shalih Ja’far dalam kitabnya
Mafatihus Samawati wal Ardh (Pengantar kitab Majmu’ah Awrad Sayyidil Imam Ahmad
ibn Idris r.a)
Referensi : www.ahmadiah-idrisiah.com
No comments:
Post a Comment