Loading...
30 March 2014

Cara Membuka Gerbang Pintu Makrifat

DOA SARMADIYAH : Yang orang banyak menyebutnya dengan “Doa Ilmu Cahaya Ilahi” merupakan amalan dari Syaikh Abu Hayyullah AL-Marzuki Al-Maliky yang di kutib dari kitab Jawahirul Lama’ah, beliau ini merupakan ulama  ahli hikmah pada abad 7 Hijriah, bermazhab Maliky. Sesuai dengan maksud isi doanya, Insy Allah dengan izinNya akan membukakan hijab gerbang pintu makrifat dan kasyaf (terbukanya tirai) hati anda dan anda dapat dengan mudah menyelami samudara  pengertian-pengertian  sir-sir  ilmunya Allah yang maha agung dan luas.

Cara mengamalkanya :

1. Mengucapkan lafal “ALLAH” sebanyak 3456 kali, tiap-tiap  96 kali bacalah doa Sarmadiyah ini
2. Bisa pula lafal “ALLAH” di baca sebanyak 4356 kali, tiap-tiap 66 kali hendaknya bacalah doa Sarmadiyah
3. Lebih utama (Afdhol) bila mengamalkanya dalam keadaan suci dari hadast dan najis, serta di amalkanya di waktu tengah malam selesai mengerjakan shalat Hajat/Tahajud.


Artinya :

"
Ya Allah hamba mohon pada-Mu dengan kebesaran-Mu dan rahasia-rahasia keTuhanan dengan kemuliaan yang agung, demi kebenaran dzat-Mu yang tinggi, bersih dari segala bentuk dan kesamaran, dan demi kebenaran malaikatmu yang memiliki sifat-sifat cemerlang, demi arsyMu yang penuh diliputi serba cahaya, apapun yang ada di arsy serba rahasia, Engkau perkenankanlah hajatku.....(Sebutkan Hajat anda) Hamba percaya kepada-Mu  ya Allah 3x ya Quddus 3x, angkatlah dinding kegelapan dan perlihatkanlah kepadaku demi cahaya-Mu, apa yang telah engkau tampakkan terhadap hamba –hambaMu  yang memiliki hati yang cerah. Ya Tuhan yang telah memberi pakaian pada hati orang-orang  yang ahli makrifat dengan pakaian cahaya keTuhanan, sehingga malaikatpun tidak mampu mengangkat kepala mereka karena sifat keperkasaan, ya Allah yang telah berfirman dalam kitabnya yang mulia dan ayat-ayatNya yang abadi, "Allah cahaya langit dan bumi, cahayaNya laksana kaca tembus yang didalamnya ada sebuah lampu, lampu itu laksana kaca kristal berkelap-kelip dinyalakan dengan sebatang kayu zaitun yang diberkati (nyalanya) tidak (bergoyang) ke barat maupun ke timur, hampir-hampir minyaknya saja sudah dapat menerangi tanpa sentuhan api, cahaya diatas cahaya, Allah berikan petunjuk kepada cahayaNya siapa yang ia kehendaki, dan Allah berikan perumpamaan untuk manusia dan Allah maha tahu terhadap segala sesuatu. Dan semoga senantiasa Shalawat (Keberkahan/doa) Allah tersanjung kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw beserta keluarga dan para sahabat-sahabatntnya, berupa shalawat yang sempurna, kesejahteraan yang sempurna, yang abadi dengan keabadian Allah yang Maha luhur dan Maha agung”.


PERHATIAN :

Manusia tidak akan mungkin bisa mencapai Makrifat, Mukasyafah, Musyahadah dan Mahabbah jika tidak atas izin, kehendak serta kuasa dari Allah swt. Insya Allah Anda sudah sangat seiring mengucapkan kalimat ini "Bismillahirrahmanirrahimi" Yang artinaya kurang lebih : Dengan menyebut Nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Ini ada kaitanya dengan kisah Sunan Kali Jaga menghadang Sunan Bonang, lalu Sunan Kali Jaga minta di ajarkan sebuah ilmu yaitu ilmu huruf Ba (Huruf Hijaiyah) kepada Sunan Bonang.

Lalu pun Sunan Bonang menerima beliau menjadi muridnya dan akan mengajarkan ilmu huruf ba tapi dengan suatu syarat beliau harus bertapa, karena beliau sudah masuk Islam maka bertapanya adalah dengan melakukan khalwat/uzlah (Menyepi menyendiri dari keramain manusia untuk bertafakur, taqorrub dengan bermujahadah beribadah/dzikir kepada Allah) beliau melakuknaya di tepi sungai Brantas, makanya beliau terkenal dengan sebutan Sunan Kali Jaga. 

Ilmu Ba sendiri memiliki arti Bi (istilah Arab) yang artinya dengan, sedangkan yang di maksud dengan disini adalah : dengan izin Allah, dengan kehendak Allah semuanya bisa terjadi dan tidak terjadi.

Maka sebagian ulama ahli hikmah mengatatakan, inti dari kalimat "Bismillahirrahmanirrahimi": Terdapat  pada kalimat  "Bismillah", Sedangkan inti dari kalimat "Bismillah" terdapat pada kalimat "Bi atau Ba" yang artinya  Dengan.

Sebagai manusia yang doif yang penuh silau dan khilaf di dalam mengarungi bahtera kehidupan ini guna mencapai kebahagian dan kesuksesan, kita di wajibkan untuk senantiasa melakukan 3 hal ini : 1. Berdoa, 2. Berusaha, 3. Tawakkal kepada Allah.

MOHON MAAF  DOA SARMADIYAH INI TIDAK UNTUK SAYA IJAZAHKAN

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
TOP