Loading...
14 March 2014

Ini Adalah Buah Surga Yang Penuh Dengan Keajaiban


BUAH DELIMA Merupakan buah ajaib karena merupakan tanaman yang ada di dunia dan juga terdapat di surga. Delima di katakan buah langkapun juga tidak karena masih ada beberapa orang yang memiliki termasuk saya sendiri punya, saya punya delima merah dan putih sebagai tanaman koleksi, itupun juga di kasih oleh Mas Syamsul dari Bangsalsari yang memiliki banyak sekali tanaman delima, beliau memberikanya secara gratis mungkin karena kasihan sama saya kwak...kwak...

Di pedagang tanaman buah-buahan tepatnya di daerah saya di kabupaten Jember Jawa timur harga tanaman buah delima ini untuk ukuran 45 cm berkisar Rp 30.000/Perpohon dan itu sudah berbunga dan siap berbuah. Pohon Delima disebutkan sebanyak tiga kali di dalam al-Qur'an yang menunjukkan manfaat nutrisinya terhadap manusia, sebagaimana pada firman Allah SWT sebagai berikut:

وهو الذي أنزل من السماء ماء فأخرجنا به نبات كل شيء فأخرجنا منه خضرا نخرج منه حبا متراكبا ومن النخل من طلعها قنوان دانية وجنات من أعناب والزيتون والرمان مشتبها وغير متشابه انظروا إلى ثمره إذا أثمر وينعه إن في ذلكم لآيات لقوم يؤمنون (99)

Artinya: "Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa . Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda- tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman . " (QS: 006 : 99)

وهو الذي أنشأ جنات معروشات وغير معروشات والنخل والزرع مختلفا أكله والزيتون والرمان متشابها وغير متشابه كلوا من ثمره إذا أثمر وآتوا حقه يوم حصاده ولا تسرفوا إنه لا يحب المسرفين (141)

Artinya: "Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya) . Makanlah dari buahnya ( yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan . " (QS: 006 : 141)
فيهما فاكهة ونخل ورمان (68)
Artinya: "Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan korma dan delima . " (QS: 055 : 68)

FAKTA BOTANI TANAMAN HERBAL DELIMA :
Buah Delima telah beribu tahun digunakan sebagai makanan. Biji delima pernah ditemukan pada situs arkeologi Zaman Perunggu Tengah (5000 tahun yang lalu) di Yerikho dan Nimrud di Israel. Bangsa Sumeria telah menanam pohon delima di bawah pohon kurma pada sekitar 3000 SM. 

Delima sangat sering disebut dalam Perjanjian Lama. Di dalam al Quran surat Al Rahman ayat 68, buah delima (rumman) disebut sebanyak 3 kali sebagai buah lain selain kurma yang tumbuh di surga. Setelah mempelajari berbagai sumber teks kuno, para ahli berteori bahwa buah delima mungkin adalah “apel” yang tumbuh di Taman Eden.

Nama latin delima, Punica granatum, berarti buah apel yang banyak bijinya. Selain sebagai makanan, manfaat kesehatan delima telah dikenal dan digunakan luas di banyak budaya. Penggunaan yang paling terkenal di seluruh dunia adalah sebagai obat cacing usus (sari akarnya).

Dalam Papyrus Ebers tertanggal 1530 SM, ramuan akar delima tercatat sebagai obat parasit usus, penggunaan yang terus berlanjut sampai sekarang.Dalam Ayurveda (pengobatan tradisional India), delima disebut sebagai zat yang berefek mendinginkan, terutama pada sumsum, darah dan saraf.

Seorang dokter Yunani abad ke-2 bernama Soranus, penulis awal ginekologi dalam sejarah kuno, menyebutkan biji delima sebagai kontrasepsi oral dan supositoria vagina, dalam karyanya mengenai lima resep pemanfaatan buah delima. Penulis lain seperti Hippocrates, Dioscorides, dan Ibnu Sina telah menjelaskan penggunaan biji delima untuk mencegah konsepsi. Hari ini, biji delima masih digunakan sebagai kontrasepsi rakyat di beberapa wilayah Afrika.

Buah delima berbentuk bulat durasinya mencapai 18 cm, berat sekitar 600g. terdiri dari sekitar 400-500 biji-biji merah yang cantik. 
Pohon Delima ( Punica granatum ) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada, berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Tiongkok Selatan dan Asia Tenggara. 

Delima yang berasal dari Timur Tengah ini, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau untuk dikonsumsi karena buahnya yang dapat dimakan. 

Pohon delima berupa perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2-5 m. Batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua. Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok. Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap, panjang 1-9 cm, lebar 0,5-2,5 cm, warnanya hijau.

Bunga tunggal bertangkai pendek, keluar di ujung ranting atau di ketiak daun yang paling atas. Biasanya, terdapat satu sampai lima bunga, warnanya merah, putih, atau ungu. Berbunga sepanjang tahun. Buahnya buah buni, bentuknya bulat dengan diameter 5-12 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Kadang, ada bercak-bercak yang agak menonjol berwarna tebih tua. Bijinya banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, merah jambu, atau putih.

KEGUNAAN DAN KHASIAT KESEHATAN HERBAL DELIMA :

Buah Delima dikenal ada tiga macam, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Perbanyakan dengan stik, tunas akar atau cangkok. Pomegranate atau delima sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Buah delima dapat dimakan dalam keadaan segar, sebagai campuran rujak buah, salad buah, jus atau sari buah. Untuk membuat jus delima sebaiknya diminum dengan bijinya karena di dalam biji banyak terkandung senyawa polifenol. 

Penggunaan delima tersebut bisa diperoleh dengan berbagai cara, seperti misalnya dalam bentuk sari buah atau bisa juga memakan bijinya, sirup, pasta atau konsentrat delima. Secara tradisional, buah delima biasa digunakan untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Jus buah delima juga bisa mengurangi derita radang tenggorokan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition , buah delima yang kaya antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Di Asia, sari buahnya juga dikentalkan menjadi suatu sirup yang digunakan sebagai saus. Di Mesir buah ini dijadikan semacam minuman anggur, sirup, dan sari buah. Dalam satu gelas sari delima lebih banyak konten antioksidannya dibandingkan dengan satu gelas red wine, green tea atau orange juice. Di Amerika, produk sari buah delima yang dikenal sebagai pom wonderful menjadi tren minuman kesehatan terakhir.

Minuman sari buah delima dikenal sebagai sari buah sehat, tinggi khasiatnya. Sari buah delima tinggi konten ion kalium (potasium), vitamin A, C dan E serta asam folic. Dari bagian biji yang dapat dimakan, kandungan kalium per 100 gram (259 mg / gr), energi 63 kal, 30 mg vitamin C. Komponen ini dianggap sangat penting untuk kesehatan jantung (Time, Desember 2003).

Sari buah delima juga tinggi kandungan flavonoid- nya, suatu jenis antioksidan kuat yang penting perannya untuk mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta mampu dalam memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, kanker kulit, dan kanker prostat. Antioksidan yang terkandung didalamnya membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol.

Bahkan konten antioksidan dalam buah delima jumlahnya tiga kali lebih banyak dari wine atau teh hijau. Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang meminum jus 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan resiko terkena alzheimer hingga 76% dibandingkan orang yang tidak minum jus sama sekali.

Selain yang sudah disebutkan di atas, khasiat buah delima bagi kesehatan antara lain dapat untuk penyakit-penyakit seperti: gangguan perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, reumatik, kurang darah, dan diabetes.

Komponen-Komponen Pohon Delima Dan Khasiatnya:

Buah , herbal buah delima dapat membersihkan lambung.
Kulit , herbal kulit delima dapat mengobati sakit perut karena cacingan, disentri, diare, wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, pendarahan rahim, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan, dan nyeri lambung. Resep :
1- Mengobati cacingan : (Rebus kulit keringnya dan bubuk biji pinang (masing-masing 15 gram) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi).
2- Keputihan : (Rebus kulit delima kering (30 g) dan herba sambiloto kering (15 g) dengan satu liter air bersih. Biarkan sampai air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring clan bagi untuk tiga kali minum, pagi, siang, dan malam hari. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk cuci vagina. Khusus wanita yang sudah menikah, gunakan dengan alat semprot yang masuk ke liang vagina).
Bunga , herbal bunga delima dapat mengobati radang gusi, pendarahan, dan bronkitis, resep :
3- Radang Gusi : ( Cuci bunga (tujuh kuntum) dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur).
- Pendarahan : ( Rebus bunga delima (20 g) dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas).
4- Seksualitas : Herbal delima mengobati problem seksual bagi laki-laki: Meminum jus delima minimal sebulan berturut-turut, membantu mengatasi problem seksual dan khasiatnya sangat fantastis lebih dahsyat dari pil Viagra.
5-Pelangsing (Penurun berat badan) : herbal daging dari delima dapat dimanfaatkan sebagai penurun berat badan, sariawan, tekanan darah tinggi, sering kencing, rematik, dan perut kembung.
6-Batuk dan Influenza : herbal biji delima dapat dipakai sebagai obat penurun demam, batuk, keracunan dan cacingan.
7-Anti Oksidan : Penelitian terbaru menunjukkan bahwa herbal delima kaya akan antioksidan, yang berperan penting dalam memelihara tubuh dari penyakit-penyakit menahun, seperti liver, limpa dan ginjal.
8- Penyakit Dalam :  Gangguan jantung, kanker, diabetes, kurang darah, Gejala terkena stroke dan reumatik.
9- Menurunkan Alzheimer : orang yang meminum jus 3 Delima kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan resiko terkena alzheimer hingga 76% dibandingkan orang yang tidak minum jus sama sekali (Vanderbilt University Medical Center)

Laporan dari California University: Hasil riset terbaru melaporkan bahwa: Herbal jus delima sangat kaya dengan antioksidan, yang memacu aktifitas darah pada bagian kelamin, riset ini dilakukan oleh Dr. Cristopher Forest dengan mengambil sample 53 laki-laki yang menderita kelemahan seksual. Setelah mereka dikasi minum jus delima selama sebulan, hasilnya lebih dari separuh dari penderita tersebut mengalami kemajuan yang sangat dramatis.

Selamat  Mencoba

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
TOP